Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Insecure Sering Muncul? Ini 7 Cara Mengatasinya

Insecure Sering Muncul ini 7 Cara Mengatasinya
Images: Unsplash
Perasaan tidak mampu, tidak cukup baik dan merasa lain daripada yang lain membuat orang mudah insecure. Sebenanrnya Perasaan ini wajar dan hampir dirasakan semua orang, karena pada dasarnya setiap orang pasti punya kekurangan. 

Namun, insercure yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan mental, seperti depresi, gangguan kecemasan, paranoid dan masih banyak lagi. 

Agar tidak semakin parah dan berdampak buruk pada hubungan sosial kamu dengan orang lain. Berikut cara mengatasi insecure yang berlebihan.

1. Jangan Bandingkan Dengan Orang Lain

Melihat pesona dan kehidupan orang disosial media membuat kita iri dan merasa punya banyak kekurangan dibanding orang lain. Hal ini yang kadang membuat mental semakin terpuruk.

Padahal tidak semua yang orang lain tampilkan ke publik nyata dengan keadaan sesungguhnya, mereka tentu punya kekurangan dibelakangnya. Untuk itu, berhenti membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain.

2. Buang Pikiran Negatif

Merasa punya banyak kekurangan membuat orang mudah berpikiran macam-macam saat hendak bersosialisasi di khalayak ramai. ''Mereka bisik-bisik, pasti ngejek aku'' pikiran semacam ini yang kadang sangat menggangu interaksi kita dengan orang lain.

Buanglah jauh-jauh pikiran yang membuatmu takut untuk melakukan hal-hal positif. Kalau sudah bisa berpikir positif aura di sekelilingmu juga positif, dan orang lain tidak akan fokus pada kekurangan yang kami miliki.

3. Temukan Kelebihan Diri


Setiap orang punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, untuk itu jangan hanya fokus pada kekuranganmu saja. Cobalah untuk menggali potensi yang ada dalam diri, sekalipun kecil pasti ada kelebihan. Temukan, kemudian kembangkan dengan baik. 

Ingat satu hal, kamu unik dengan caramu sendiri, kamu juga punya bakat yang bisa kamu banggakan. Jadi stop merasa insecure.

4. Kamu Istimewa Bagi Orang Terdekat

Sekalipun insecure karena merasa beda dari yang lain, tetaplah semangat. Masih banyak orang-orang yang mendukungmu. Keluarga, sahabat dan orang terdekat.

Kekurangamu bukan penghalang berarti jika kamu mengingat banyak sekali orang yang mendukungmu dengan tulus. Lakukanlah apa yang ingin kamu lakukan, kamu punya kemampuan yang tidak orang lain miliki.

5. Cari Lingkungan yang Mendukung

Lingkungan yang baik juga sangat penting untuk mengatasi insecure dan meningkatkan rasa percaya diri. Sebab, lingkungan yang kurang baik bisa mempengaruhi mental seseorang, begitu juga sebaliknya.

Carilah tempat yang selalu mendungkungmu untuk maju, yang tidak hanya memberi suport, tapi juga tidak segan mengkritik saat kamu melakukan kesalahan. 

6. Bersahabat Dengan Diri Sendiri

Tidak perlu menunggu orang lain, kamu juga bisa menjadi sahabat untuk diri sendiri. Menguatkan diri sendiri, dan menyemangati diri sendiri. Misalkan dengan berucap ''Terima kasih telah mencoba, tidak apa hari ini gagal besok coba lagi ya'' ucapkan setiap kali kamu gagal melakukan sesuatu.

Menurut karol ward di laman Well and Good, seseorang bisa menerima kenyataan kalau sambil lalu mencari jalan keluar.

7. Menjadi Diri Sendiri

Saat merasa tidak aman dan tidak percaya diri seseorang akan mencoba untuk menjadi orang lain, berusaha memenuhi standart yang bukan standar terbaik dari dirinya sendiri. 

Hal ini yang membuat tidak maksimal dalam melakukan sesuatu. Apapun alasannya tetap untuk menjadi diri sendiri, karena setiap orang punya keunikan yang tidak bisa ditiru. Kamu unik dan hebat dengan caramu sendiri.




Post a Comment for "Insecure Sering Muncul? Ini 7 Cara Mengatasinya"