Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Sifat Wanita yang Tidak Layak Dinikahi Menurut Islam

7 Sifat Wanita yang Tidak Layak Dinikahi Menurut Islam
Images: id.pinterest.com
Menikah itu wajib bagi umat muslim, dan itu sudah jelaskan dalam Al-qur'an dan hadis. Demi terciptanya rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah, tidak boleh asal-asalan dalam memilih pasangan hidup, ada hal yang harus kamu pertimbangan sebelum menikahi wanita. Seperti agamanya, nasab, kecantikan dan harta. Tapi, yang paling penting baik dulu agamanya. 

Selain itu, ternyata ada jenis wanita yang tidak boleh dinikahi menurut agama. Berikut wanita yang tidak boleh dinikahi menurut agama islam.

1. Wanita Tukang Selingkuh

Wanita yang suka nempel ke semua laki-laki jaman sekarang sudah dianggap hal biasa. Padahal dalam islam wanita tidak boleh bergaul dengan laki-laki yang bukan mahram, kecuali memang ada urusan penting.

Sebab, wanita yang suka nempel dengan pria tanpa mengenal batasan akan mudah melakukan zina. Bayangkan, ketika kamu menikah dengan perempuan yang punya sifat demikian, bukan tidak mungkin akan mudah terbuai dan terjerumus dalam perselingkuhan. 

2. Wanita yang Suka Mengeluh

Yang tidak penah merasa puas dan selalu kurang dengan apa yang ada, tidak baik untuk dijadikan istri. Karena saat sudah terlanjur dinikihi, wanita seperti ini hanya akan merugikan prekonomian suami nantinya.

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu anhu bahwasanya Rasulullah bersabda: ''Allah tidak akan memandang istri dengan pandangan rahmat, yang tidak bersyukur pada suaminya padahal istrinya butuh kepadanya.'' (HR. An-Nasai, Al-hakim dan Al-Baihaqi).

3. Wanita Matre

Wanita yang baik tidak akan memandang laki-laki hanya dari harta semata, itulah sebabnya wanita dengan sifat matre tidak boleh dinikahi dalam islam, karena itu bukan wanita baik-baik.

Selain boros dan suka menghambur-hamburkan uang, wanita dengan karakter seperti ini hanya  menyayangimu saat lagi jaya saja, tidak bisa dijadikan teman saat kamu lagi dibawah.

4. Wanita yang Suka Mengungkit Kebaikan

Lupakan kebaikanmu dan ingat kebaikan orang lain, begitu konsepnya. Jika ada wanita yang suka mengungkit kebaikan yang telah dia lakukan, sebaiknya kamu hindari. 

Sebab, bagaimanapun juga islam tidak pernah mengajarkan sifat riya'. Perbuatan baik itu biar Allah saja yang tau, tidak perlu diumbar pada orang lain. 

5. Wanita yang Terlalu Hobi Berdandan

Tidak ada larangan bagi wanita berdandan dalam islam, lebih-lebih kalau ingin menyenangkan hati suami. Tapi, kalau berdandan sudah dibatas wajar alias berlebihan juga tidak baik. Kenapa? karena hanya membuat wanita lupa tugasnya sebagai seorang istri.

Selain itu, wanita yang terlalu suka berdandan juga akan menimbulkan berbagai macam fitnah dan incaran buas mata laki-laki yang bukan mahramnya.

6. Wanita yang Sombong

Sombong adalah angkuh, takabur, arogan, congkak dan tinggi hati. dan ini jelas bukanlah sifat yang diajarkan dalam islam. Wanita dengan sifat seperti ini tidak boleh dinikahi dan harus dijauhi.

''Dan janganlah engkau berjalan di bumi dengan berlagak sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi, dan engkau tidak akan dapat menyamai setinggi gunung-gunung.'' (QS. Al-Israa' 37)

7. Wanita yang Suka Mengumpat

Wanita yang baik akan senantiasa menjaga lisannya untuk tidak berkata buruk apalagi mengumpat, tidak hanya dibenci manusia, wanita yang suka mengumpat juga sangat dibenci Allah karena itu merupakan perbuatan tercela.

Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Anas, Rasulullah bersabda: ''Pada malam aku diIsra'kan aku telah melalui suatu kaum yang mencakar-cakar muka mereka dengan kuku-kukunya sendiri, maka aku berkata: ''Hai Jibril siapa mereka ini? jawab jibril: Mereka adalah orang-orang yang suka mengumpat dan mereka juga suka menjaga tepi kaim orang''. (HR. Abu Daud dari Anas).

Rumah tangga tidak hanya dilalui satu atau dua hari, melainkan satu kali seumur hidup. Untuk itu, pastikan kamu menemukan sosok yang benar-benar tepat.



Post a Comment for "7 Sifat Wanita yang Tidak Layak Dinikahi Menurut Islam"