Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tidak Akan Rugi, 7 Janji Allah Untuk Orang yang Rajin Sedekah

Tidak Akan Rugi, 7 Janji Allah Untuk Orang yang Rajin Sedekah
Images: Republika/Rakhmawaty La'lang
Segala perbuatan yang kita lakukan baik buruknya pasti akan dapat balasannya yang setimpal, begitupun dengan harta yang kita sedekahkan untuk membantu saudara yang membutuhkan. Sedekah sendiri merupakan hal yang paling disukai Rasululluh.

Untuk itu, jangan takut rugi untuk membagikan sebagian hartamu, gak apa-apa jika orang yang kamu bantu tidak mampu membalas, Allah sendiri yang akan turun tangan untuk membalas kebaikanmu. Bahkan ada beberapa balasan yang telah dijanjikan untuk orang yang gemar sedekah. Berikut diantaranya:

1. Ganjaran Dilipat Gandakan

Hartamu tidak akan berkurang saat hendak bersedekah, justru Allah akan lipatgandakan. Seumpama kamu menafkahkan sebutir hartamu dijalan Allah, maka Allah akan membalasnya dengan tujuh butir.

Allah berfirman dalam QS. Al-hadid ayat 18 yang artinya, ''Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak'' (Qs Al Hadid: 18).

2. Ponolong Hari Akhir

Sedekah yang kamu lakukan juga akan menjadi penolong bagimu pada hari akhir kelak. Bahkan dalam salah satu hadis disebutkan.

Dalam hadis riwayat Ahmad, Nabi bersabda, ''Setiap orang itu akan berada di bawah naungan sedekahnya selama di padang mahsyar sampai ada keputusan untuk manusia, masuk surga atau neraka.''

3. Dihapuskan Dosa-dosanya

Walau dosamu setinggi gunung dan seluas lautan jangan takut tidak terampuni, Allah membuka pintu taubat seluasa-luasanya bagi hamba yang bersungguh-sungguh ingin bertaubat. Salah satu cara untuk mengapus dosa adalah dengan bersedekah.

''Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api'' (HR. Tirmidzi yang disahihkan Al-Albani dalam Sahih At-Tirmidzi, 614).

4. Terbebas Dari Siksa Kubur

Jika banyak melakukan hal-hal yang tidak baik dan dilanggar oleh Allah SWT, maka siksa kubur siap menanti sebagai pertanggung jawaban kita selama hidup di dunia.

Sering-seringlah bersedekah, dan semoga terbebas dari siksa kubur. Rasulullah berkata: ''Sedekah akan memadakan api siksaan dalam kubur''. (HR Thabrani)

5. Memberi Ketenangan

Percayalah, ketika kamu ikhlas berbagi kebahagiaan dengan orang lain, akan ada ketenangan luar biasa yang akan kamu rasakan. 

Rasulullah SAW bersabda: ''Orang yang bersedekah merasa bajunya lapang dan longar di kulitnya. Sampai-sampai ujung jarinya tidak terlihat dan baju besinya tidak meninggalkan bekas pada kulitnya. Sedangkan orang pelit, dikarenakan pelitnya ia merasakan setiap lingkar baju besinya merejan erat di kulitnya. Ia berusaha melongarkannya namun tidak bisa.'' (HR. Bukhari no 1443)

6. Panjang Umur

Orang yang gemar bersedekah mempunyai umur lebih panjang daripada orang yang pelit untuk berbagi. 

Dalam hadis yang diriwayatkan imam Thabrani, Nabi Muhammad SAW bersabda, ''Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat memanjangkan umurnya, dapat mencehag kematian yang tidak baik (su'ul khotimah). Allah SWT akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri''. (HR. Thabrani).

7. Menghindari Bahaya

Diantara janji Allah untuk orang yang gemar sedekah salah satunya adalah menghindari diri mara bahahaya. 

Rasulullah SAW pernah bersabda, ''Bersegeralah untuk bersedekah, karena musibah dan bencana tidak bisa mendahului sedekah''

Jangan takut rugi untuk sedekah


Post a Comment for "Tidak Akan Rugi, 7 Janji Allah Untuk Orang yang Rajin Sedekah"