Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harus Selektif, Ini Cara Memilih Teman yang Baik Dalam Islam

Harus selektif, Ini Cara Memilih Teman yang Baik Dalam Islam
Images: Shutterstock
Tidak hanya soal pasangan, dalam pertemanan kamu juga harus selektif dalam memutuskan dekat dengan siapa. Karena teman yang dimiliki akan sangat mempengaruhi akhlak dan perkembangan diri kita. Untuk itu, pastikan dulu apakah temanmu baik atau malah sebaliknya. 

Sebenarnya ada ciri-ciri khusus yang bisa kamu kenali apakah orang itu pantas atau tidak kita jadikan teman. Berikut diantaranya:

1. Teman yang Taat Beribadah

Untuk menilai apakah teman itu baik atau tidak lihat dulu kualitasibadahnya. Jika seseorang selalu menjaga ibadahnya dengan baik, jangan ragu lagi untuk menjadikan dia teman keseharianmu.

Teman yang ibadahnya taat memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi, jika hubungan dengan Rab-nya saja bisa dijaga, sudah pasti hubungan pertemanan denganmu juga dijaga. 

2. Tidak Hasud

Dalam mimilih teman harus lebih selektif. Sebab, banyak sekali orang jahat yang berkedok sahabat padahal dalam hatinya timbul sifat hasud dan iri terhadap diri kamu. 

Orang bersifat hasud tidak baik untuk dijadikan teman, selain hatinya dengki juga akan menghambat jalan kamu untuk maju. 

3. Jujur

Kejujuran memang merupakan hal penting dalam menjalani hubungan apapun, termasuk pertemanan. Sebab, teman yang punya sifat jujur akan memberitahu kamu akan hal baik dan buruk.

Tidak hanya itu, teman yang mengedepankan kejujuran sangat membantu kamu dalam membentuk karakter atau jati diri.

4. Tidak Suka Maksiat

Sebelum akrab dan memilih berteman dengan seseorang, lihat dulu kebiasaan orang tersebut dengan baik. Jika kebiasaannya berbuat maksiat, segera jauhi karena bahaya untuk dijadikan kawan dalam bergaul. 

Selain tidak ada manfaatnya, berteman dengan orang yang punya kebiasaan buruk juga akan menjerumuskan kamu dalam melakukan hal yang buruk pula.

5. Menjaga Amanah Dengan Baik

Carilah teman yang selalu menjaga amanah dengan bijak, bertanggung jawab atas segala sesuatu yang sudah kita percayakan padanya. Baik berupa benda, pekerjaan, perkataan dan rahasia hati.

Enaknya punya teman yang amanah itu, kita bisa dengan leluasa curhat segala hal tanpa takut dia menyebarluaskan cerita kita sama orang lain. 

6. Selalu Mengingatkan

Teman yang baik tidak akan membiarkan dalam melakukan hal-hal yang dampaknnya akan merugikan diri kamu sendiri. Dia akan selalu mengingatkan dan menegur jika yang kita lakukan merupakan hal yang salah.

Selain itu, teman yang punya sifat seperti ini akan senantiasa mengingatkan kita kepada Allah SWT. 

7. Tidak Pelit

Punya teman pelit itu beban bagi kita, selain membuat kita rugi juga membuat kita serba salah. Mau dijauhi, tapi teman. Mau tetap dekat, tapi lama-lama makan hati.

Carilah teman yang tidak perhitungan dan pelit, yang tidak segan memberi jika kita memang butuh. Baik finansial dan juga ilmu.

Jangan sampai salah dalam memilih teman, karena karakter seseorang bisa terbentuk tergantung dengan siapa berteman.

Post a Comment for "Harus Selektif, Ini Cara Memilih Teman yang Baik Dalam Islam"