Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cukup Sederhana, 7 Cara Agar Hidup Tenang dan Bahagia

Cukup Sederhana, 7 Cara Agar Hidup Tenang dan Bahagia
Images: pixabay
Setiap orang pasti punya cara sendiri untuk berbahagia, ada yang bahagia dengan banyaknya harta dan ada yang bahagia dengan hidup apa adanya. Namun, banyak sekali orang salah dalam mengartikan bahagia, menurutnya hidup mewah baru bisa dikatakan bahagia. Tidak, ada juga orang yang hidup sederhana tapi tetap bahagia.

Karena kebahagiaan berawal dari diri sendiri, ini kenyataan yang tidak bisa dibantah. Sebab, kalau orang lain yang menjadi patokanmu untuk bahagia, kamu benar-benar tidak menghargai dirimu sendiri. Berikut cara agar hidup tenang dan bahagia

1. Bersyukur

Merasa hidup tidak bahagia karena terus diburu keinginan yang berlebihan.? Dapat motor ngeluh karena tidak punya mobil. Sudahkah anda bersyukur hari ini? bersyukur dengan makanan yang kamu makan hari ini,? dengan nafas yang masih mengalir sampai detik ini.?

Jika belum kamu lakukan. Yuk, mulai sekarang belajar mensyukuri setiap nikmat yang Allah berikan, karena bersyukur lebih baik daripada mengeluh.

2. Apa Adanya

Hiduplah apa adanya tanpa malebih-lebihkan, tidak usah malu pada semesta. Menerima dan menjalani dengan ikhlas apa yang ada saat ini.

Dengan bersikap apa adanya kamu bisa menyusun kembali rencana-rencana yang akan dilakukan agar menjadi lebih baik lagi kedepannya.

3. Hidup Seimbang

Jangan menghabiskan waktu anda dengan banting tulang cari uang tanpa memikirkan hal lainnya. Bekerja memang penting, tapi hidup itu harus imbang antara bekerja dan bersenang-senang.

Setelah melewati penatnya bekerja, luangkan waktu untuk menikmati hasilnya. Misalkan dengan jalan-jalan atau melakukan hobi yang kamu suka. Karena selain menurunkan stres, hidup imbang juga sebagai bentuk anda menghargai setiap fase dalam hidup ini.

4. Jangan Maksa

Hidup jangan kebanyakan gaya, apalagi harus memaksakan diri agar terlihat berada. Karena memaksakan diri agar dipuji bukan jalan yang benar untuk menggapai kebahagian.

Ada barang kita pakai, gak ada gak usah maksa untuk pakai. Kadang hidup sesederhana itu, cuma kita aja yang meribetkan dengan hal-hal yang sebenarnya gak penting untuk dilakukan.

5. Jangan Membanding-bandingkan

Setiap individu memiliki porsi dan kadar kemampuan yang berbeda-beda. Untuk itu, jangan jadikan orang lain sebagai patokan kwalitas hidup kita, karena hanya menimbulkan rasa iri dan tidak percaya diri. 

Sebenarnya kita ini unik dengan cara kita sendiri. Hargai bagianmu, jangan membanding-banding dengan bagian orang lain, yang terlihat mewah belum tentu benar-benar indah.

6. Selalu Berpikir Positif

Serumit dan sekacau apapun hidup saat ini, usahan untuk tetap berpikir positif. Bahwa tidak ada yang salah dari setiap kejadian buruk.

Dengan selalu berpikir positif kita akan terhindar dari beban pikiran karena hidup yang dirasa kurang beruntung. Berpikir positif juga memberi ruang untuk hati agar tetap bersangka baik tentang rencannya. 

7. Usaha Terus

Jika saat ini kamu rasa hidupmu kurang beruntung, jangan hanya berdiam diri dan nunggu sesuatu yang katanya indah pada waktunya. 

Teruslah usaha untuk memperbaiki hidupmu. Boleh pasrah tapi jangan menyerah.

Itulah beberapa cara agar hidup tenang dan bahagia.




Post a Comment for "Cukup Sederhana, 7 Cara Agar Hidup Tenang dan Bahagia"