Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Ciri-ciri Teman Bermuka Dua, Jangan Sampai Kamu Tertipu

7 Cara Mengenali Teman yang Bermuka Dua
Images: theyouthchronicles.in
Lingkungan sangat berpengaruh terhadap karakter dan kehidupan seseorang. Jika lingkungan tidak baik atau negatif, maka akan tercipta suatu karakter yang tidak baik pula, begitu juga sebaliknya. Untuk itu, kita perlu milah-milih dengan siapa kita akrab dan berteman. 

Karena selain keluarga, teman adalah orang terdekatmu, dimana kamu bisa bercerita banyak hal, mulai dari sekedar curhat bahkan tentang rahasia hati juga kamu ceritakan. Dengan harapan dia akan menjaga dan tidak mengumbar cerita itu pada orang lain.

Namun, yang namanya teman ada yang baik, ada juga yang munafik alias muka dua. Agar tidak salah memilih teman, kenali ciri-ciri teman bermuka dua berikut ini.

1. Depan Lain Belakang Lain

Depan Lain Belakang Lain
Images: medium.com
Teman yang baik itu seperti cermin kita sedih juga ikut sedih, bukan seperti duit, belakang lain depan lain. Dihadapan kita muji-muji. Tapi, ketika dibelakang lain lagi apa yang mereka katakan tentang kita.

Saat kamu dipuji jangan GR dulu, sebab pujian itu palsu dan tidak tulus dari hati mereka. Mereka memuji hanya untuk menutupi semua kebusukannya. 

2. Suka Menceritakan Rahasia Orang Lain

Suka Menceritakan Rahasia Orang Lain
Images: iStockphoto
Dengan wajah tanpa dosa dia dengan antusiasnya menceritakan rahasia orang lain kepadamu. Itu menandakan kalau dia bukan sosok yang tepat untuk kamu jadikan teman.

Bayangin, dia sanggup menceritakan rahasia orang lain yang sudah dipercayakan padanya. Bukan tidak mungkin suatu saat rahasimu sendiri yang dia sebar luaskan. 

3. Iri Dengan Pencapaianmu

Iri Dengan Pencapaianmu
Images: freepik.es
Kalau orang memang beneran tulus berteman dengan kita, mereka akan senang dan ikut gembira ketika kita berhasil meraih suatu pencapain. 

Tapi, beda hal jika temanmu munafik. bukannya ikut mengapresiasi, mereka justru merasa iri dan sakit hati saat kamu mendapatkan sesuatu yang dia sendiri tidak bisa mendapatkannya. 

4. Selalu Mengkritisi dan Menghakimi

Selalu Mengkritisi dan Mengahakimi
Images: ecr.co.za
Tipikal teman bermuka dua adalah selalu menemukan celah untuk menyalahkan dan menghakimi secara berlebihan. Jangan mengharap dungkungan darinya, karena itu tidak akan dia lakukan. 

Jangankan mendukung setiap langkah yang kita ambil, kita curhat saja akan terus dipojokkan dan cenderung dihakimi.

5. Berlebihan Dalam Menggosip

Berlebihan Dalam Menggosip
Images: pixabay
Namanya berteman rasanya wajar kalau setiap kali ngumpul bareng selalu diselingin dengan bergosip, lebih-lebih kaum perempuan. Tapi, kalau menggosip sudah keterlaluan dan terkesan melebih-lebihkan, itu gak baik untuk ukuran teman.

Hati-hati kalau punya teman yang suka gosip, kalau kamu tidak ada bukan tidak mungkin kamu sendiri yang akan menjadi bahan gosipannya.

6. Persetan Dengan Perasanmu

Persetan Dengan Perasanmu
Images: pathways.health
Teman yang baik pasti akan menyaring setiap perkataan yang sekiranya akan membuatmu tersinggung dan sakit hati, mereka menjaga betul tentang perasaan kita. 

Namun, berbeda dengan teman muka dua, dia akan bicara sesukanya dan sesuai dengan yang menurutnya benar. Persetan kita tersinggung atau tidak. 

7. Tidak Integritas

Tidak Integritas
Images: riliv.co
Integritas adalah kominten, kejujuran dan konsistensi, dan itu tidak dimiliki teman yang munafik. Setiap perkataan yang keluar dari mulutnya tidak bisa begitu saja dipercaya, dan antara omongan dan perbuatan sangat beda jauh. 

Jika punya teman seperti itu, kamu perlu untuk berhati-hati. Karena mereka tidak memiliki potensi dan kemampuan memancarkan kewibawaan dan kejujuran, sehingga cenderung sering berbohong. 

Jika menemukan ciri-ciri diatas dalam diri sahabatmu, sebaiknya kamu perlu hati-hati. Karena teman bermuka dua jauh lebih berbahaya daripada ular berbisa. 

Post a Comment for "7 Ciri-ciri Teman Bermuka Dua, Jangan Sampai Kamu Tertipu"