Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Minder atau gak percaya diri bisa disebabkan oleh berbagai faktor, dan yang paling menonjol adalah karena bentuk fisik yang dirasa kurang sempurna, merasa lebih tidak mampu dibandingkan orang lain, atau bahkan pernah mengalami trauma dimasa lalu. 

Sifat minder gak dosa sih, tapi kalau terus dipelihara justru akan merugikan diri sendiri. Misalkan, kita akan kehilangan kesempatan dan hal menarik lainnya. Namun ada beberapa cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Berikut diantaranya:

1. Berpikir dan Bertindak Positif

Sulit rasanya untuk selalu berpikir positif untuk setiap hal yang terjadi, tapi kalau sudah terbiasa akan memberikan dampak yang luar biasa. 

Lakukan apa yang ingin kamu lakukan, jangan takut gagal. Jika mulai merasa ragu, katakan ''Saya bisa belajar, kalau mereka bisa aku juga bisa''.

2. Mencintai Diri Sendiri

Alasan paling mendasar orang percaya diri adalah merasa beda dari orang lain. Cobalah untuk belajar mencintai diri sendiri dan berdamai dengan segala kekurangan yang ada.

Kita unik dengan cara kita sendiri, dan semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mereka yang Terlihat sempurna, mereka juga punya kekurangan. Tapi, mereka bijak menyikapinya.

3. Merawat Diri

Karena merasa penuh dengan kekurangan, lantas kamu pasrah dan tidak perduli lagi dengan penampilan. Tidak, bukan begitu caranya. Perbaiki apa yang sekiranya bisa diperbaiki, misalkan dengan merawat diri. 

Jika selama ini kamu minder dengan bentuk fisikmu, mulailah dengan merawat tubuh agar tambak lebih segar dan bersih. Selain meningkatkan rasa percaya diri, merawat diri juga merupakan bagian dari mencintai diri sendiri. 

4. Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Untuk meningkatkan rasa percaya diri selanjutnya adalah dengan melakukan sesuatu yang kamu sukai. Jika selama ini kamu tunda sesuatu yang ingin kamu lakukan karena minder, sekarang saatnya kamu memulainya. Tidak perlu terlalu memikirkan respon orang lain nantinya, karena 

kalau kamu melakukannya dengan hati hasilnya juga akan memuaskan. 

Mampu melakukan hal baru yang kita suka, selain meningkatkan rasa percaya diri, juga bisa membuatmu lebih fokus pada hal yang lebih positif daripada kekurangan. 

5. Yakin Pada Kemampuan 

Definisikan kesuksesan versi kami sendiri, supaya lebih percaya diri saat melakukan sesuatu. Tidak perlu menyamakan orang orang lain, karena setiap orang punya tingkat kamampuan masing-masing.

Bangkit lagi ketika jatuh, dan anggap kesuksesanmu sebagai hadiah dari segala jerih payah yang kamu lakukan. 

6. Jangan Membanding Diri Sendiri Dengan Orang Lain


Sering kali kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain, baik soal fisik, prestasi dan lingkungan. Perlu kamu ketahui, sering membandingkan diri sendiri hanya akan membuatmu semakin merasa penuh dengan kekurangan. 

Jadi, stop membandingkan. Ingatlah setiap orang punya jalannya sendiri dan hidup ini bukan ajang gagah-gagahan. 

Gak perlu merasa minder, asal kita mampu untuk bersyukur itu sudah menjadikan kita istimewa dengan cara kita sendiri. 




Post a Comment for "6 Cara Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri"