Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Cuma Diam, 7 Cara Elegan Menghadapi Orang Yang Menghina Kita

Jangan Cuma Diam, 7 Cara Elegan Menghadapi Orang Yang Menghina Kita
Images: pixabay
Ketika kita dihina marah dan sakit itu wajar, namanya juga manusia. Disaat sudah berusaha untuk melakukan yang terbaik, masih ada aja orang yang menghina dan merendahkan. 
Ada beberapa kemungkinan kenapa mereka suka menghina, mungkin hidupnya kurang bahagia, atau bisa jadi karena mereka iri dengan kehidupan kita. 

Kadang suka bingung langkah apa yang meski kita ambil untuk menghadapi orang yang sering menghina. Tidak perlu khawatir, cukup lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Memaafkan
Memaafkan
Images: almadinaaljadida.com
Memang sulit memaafkan orang yang telah menyakiti hati kita dengan kejam. Namun, kita tidak bisa hidup terus dibayang-bayangi kebencian, tidak ada gunanya, justru hanya akan menyiksa hati. 

Belajar Memaafkan, jangan karena mereka berbuat jahat, bukan berarti kita harus melakukan hal sama. Memaafkan tidak hanya membuat hati tenang, tapi juga untuk menghindari perbuatan yang bisa merugikan orang lain. 

2. Tetap Semangat
Tetap Semangat
Images: pixabay
Tujuan orang yang menghina salah satunya dalah ingin membuat mental kita jatuh dan tidak percaya diri. Kalau sudah jatuh, kita akan merasa tidak sanggup lagi untuk menggapai impian yang selama ini kita bangun. 

Saat dihina usahakan untuk tetap semangat, jangan semua omongannya kamu ambil hati. Jadikan setiap kata kotor yang keluar dari mulutnya sebagai penyemangat menggapai impian. 

3. Ambil Yang Baik dan Buang Yang Buruk 
Ambil Yang Baik dan Buang Yang Buruk
Images: medium.com
Mereka sudah kepo dan menghabiskan waktunya untuk mengomentari hidup kita. Jangan sia-siakan setiap kata yang keluar dari mulutnya, jadikan sebagai penyemangat untuk bisa lebih baik lagi kedepannya.

Setiap sumpah serapah yang keluar dari mulutnya kita pilih, mana saja yang bisa kita ambil untuk jadi bahan intospeksi diri. 

4. Buktikan Kalau Kamu Hebat
Kamu Hebat
Images: medium.com
Orang yang punya hobi menghina cenderung merasa paling hebat dan menganggap orang lain memang pantas untuk direndahkan. 

Sebagai target hinaannya tentu kita tidak bisa diam saja. Kita punya potensi, dan bisa lebih baik darinya. Buktikan kalau anggapannya itu salah, dan tunjukkan kalau kita tidak selemah seperti yang ia bayangkan.

5. Jangan Membalas Dengan Kasar
Jangan Membalas Dengan Kasar
Images: Unsplash/Eliott Reyna
Kita pasti marah dan sakit hati saat dipermalukan didepan umum. Tapi, jangan sampai kamu lepas kendali dan memblas dengan cara yang sama. 

Karena kalau membalas, kamu akan semakin malu dan orang lain akan mengangap kamu tidak ada bedanya dengan mereka. Ada cara bijak dan cantik untuk membalasnya, yaitu dengan prestasi. 

6. Diam
Diam
Images: pixabay
Ada tipikal orang yang sengaja ngata-ngatain agar dapat tanggapan dari kita, berharap agar kita merespon dan meladeni hinaannya. 

Dengan diam kita telah membuatnya malu dan sadar diri kalau dirinya tidak pantas untuk diladeni. Selain itu, diam juga merupakan cara terbaik untuk menghindar dari beragam macam masalah.

7. Bersyukur
Bersyukur
Images: gnosistherapie.nl
Kalau banyak yang menghina, jangan sedih apa lagi mengutuk nasib yang kamu rasa kurang beruntung. Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Kelebihan dan kekurangan merupakan dua sisi dalam fitrah manusia untuk saling melengkapi, jadikan kelebihanmu untuk membantu, dan kekuranganmu sebagai hal yang membuatmu terus berusaha menjadi manusia yang lebih baik lagi. 

Itulah cara elegan menghadapi orang yang suka menghina. Dampak dari hinaan itu tergantung bagaimana kita menyikapinya, kalau yang mereka katakan fakta, jadikan bahan untuk kamu introspeksi diri dan berbenah. Tapi, kalau yang mereka katakan tidak benar anggap saja sebagai ujian untukmu mendewasa.

Post a Comment for "Jangan Cuma Diam, 7 Cara Elegan Menghadapi Orang Yang Menghina Kita"