Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Bekal Penting Sebelum Memutuskan Menikah


Untuk mengikat diri dalam tali pernikahan itu tidak hanya modal cinta doang, butuh kesiapan lahir maupun batin. Kenapa persiapan itu penting? karena rumah tangga yang akan kita jalani nanti bukan cuma satu atau dua hari saja, maka banyak hal yang perlu dipahami sebelum memutuskan menikah. Berikut diantaranya:

1. Mengerti Makna Pernikahan

Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri, dengan tujuan membetuk keluarga yang sakinah. Jadi, sebelum menikah cobalah untuk mengenal persepsi tentang pernikan itu sendiri, agar lebih mengenal masing-masing individu. 

2. Pentingnya Komitmen

Siapapun pasti ingin menjalani pernikahan sekali seumur hidup, itulah mengapa sangat penting yang namanya komitmen.

Meyakini pasangan bahwa hubungan yang dijalani merupakan proses sekali seumur hidup, tak perduli dalam keadaan senang maupun susah akan tetap menjalani hubungan dengan baik.  

3. Komonikasi yang baik

Dalam hubungan komonikasi itu sangat penting, karena banyak sekali konflik terjadi dalam rumah tangga karena kurangnya komonikasi antara pasangan.   

Untuk itu penting mempelajari pola komonikasi yang baik, supaya bisa menyikapi perbedaan dengan bijak.

4. Menyesuaikan Diri

Namanya nikah sama anak orang tentu kamu tidak hanya melibatkan pasanganmu saja, tapi juga keluarganya. Maka dari itu belajarlah menyesuaikan diri, mulai dari kebiasaan pasangan hingga kondisi keluarnya. 

5. Kesiapan Mental

Menjalani biduk rumah tangga itu tak melulu soal bahagia, akan ada saat dimana percikan-percikan masalah hadir menguji rumah tanggamu. Untuk bisa menyikapi semua itu dengan bijak, perlu mental yang terlatih agar kuat menghadapinya. 

6. Kesiapan Finansial

Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang. Meskipun untuk membangun rumah tangga yang bahagia itu tidak diukur dari nominal rupiah. Tapi cobalah berpikir realistis dengan mempertimbangkan kenyataan didepan mata.

Karena tidak cukup cuma modal cinta, kebutuhan mendasar dan biaya anak nantinya juga harus dipikirkan.

7. Keterampilan Hidup

Khususnya perempuan Jangan hanya terampil memoles bedak di wajah, untuk membangun rumah tangga kamu juga harus tau keterampilan hidup. Contoh, seperti beresin rumah, masak dan ngurus anak.  

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan menikah. Karena Setiap rumah tangga pasti punya masalahnya masing-masing.








Post a Comment for "7 Bekal Penting Sebelum Memutuskan Menikah"