Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mendidik Anak yang Baik Tanpa Kekerasan


Anak adalah titipan Tuhan, mendidik dan mengayomi itu tugas kita sebagai orang tua. Tak perlu ditanya, semua orang tua pasti ingin anak-anaknya baik dan berbakti sama orang tuanya. Namun sayang tidak semua orang tua bisa sukses dalam mendidik, sebenarnya ada beberapa cara untuk mendidik anak dengan baik. Berikut diantaranya:

1. Jangan Banyak Melarang

Masa muda itu merupakan saat dimana jiwa petualang anak sedang bergejolak, keingintahuan terhadap dunianya itu bergitu besar. Sebagai orang tua tentu sering merasa khawatir sehingga dengan keras- memberi batas larangan yang kurang baik. 

Namun itu bukan cara yang baik, karena semakin dilarang akan semakin penasaran dan cenderung melakukan kebohongan. Cobalah diingatkan baik-baik dan kasih tau mereka tentang resiko yang mungkin akan terjadi. 

2. Jangan Hukum Dengan Kekerasan 

Ketika sedang marah dan jengkel dengan tingkah anak yang keterlaluan, seringkali kita kelepasan tangan memukul dengan tujuan agar anak jera. Sebaiknya jangan lukukan itu, karena jika anda gunakan tangan sebagai pengingat secara tidak langsung telah mencontohkan kekerasan pada anak yang membuatnya kecewa dan menanam dendam. 

Tidak harus main tangan, berilah pemahaman dengan bahasa yang mudah dimengerti tanpa harus menggunakan kekerasan.

3. Batasi Pergaulan

Anak bersosialisasi dan banyak teman itu penting selama itu untuk hal yang positif, namun tetap harus diawasi jangan biarkan mereka bebas bergaul dengan siapa saja. Karena lingkaran pertemanan yang buruk juga berpengaruh pada kepribadian anak. 

4. Ajari Anak Untuk Selalu Terbuka

Ajari anak untuk selalu terbuka, ajak mereka untuk memecahkan masalah bersama. Karena anda tidak hanya dituntut untuk jadi orang tua, tapi juga sahabat akrab untuk anak-anakmu. dengan begitu anda telah memberi anakmu ruang untuk menceritakan masalahnya. 

5. Jangan Turuti Semua Kemauannya

Memang sih sebagai orang tua kita kadang selalu ingin menuruti semua keinginan anak, minta ini iya, minta itu oke. Jika anda tipe orang tua kayak gini jangan heran sang buah hati menjadi pribadi yang manja, penuhi kebutuhannya tapi jangan ikuti semua keinginannya.

6. Ajari Mandiri

Ajari anak untuk tidak selalu bergantung pada orang lain, karena bayangan sendiri aja bisa meninggalkan apalagi orang lain. dengan ditanamnya sifat mandiri pada anak, akan membuat mereka terampil menghadapi situasi dan keadaan tersulit sekalipun.

7. Kasih Sayang dan Rasa Perduli

Keperdulian dan perhatian orang tua walaupun kecil sangat berarti pada anak, perhatian itu bukan hanya dengan memberikan barang kesukaan mereka. Tapi juga bisa dalam bentuk lain, misalkan ketika mereka punya masalah, jadilah teman cerita dan pemberi semangat yang baik.

Jadilah orang yang paling mengenal anak-anak kita, karena sebagai orang tua kita adalah madrasah pertama bagi mereka, mengajar mereka ilmu dan adab yang baik. 

Itulah beberapa cara mendidik anak dengan benar.


Post a Comment for "7 Cara Mendidik Anak yang Baik Tanpa Kekerasan"