Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Daun Sirih


Siapa sih yang tidak kenal dengan daun sirih? Tumbuhan yang mirip tanaman ubi ini dapat dengan mudah kita temui, khususnya dindonesia. Mengenai manfaatnya daun sirih banyak sekali mengandung manfaat didalamnya. Berikut diantaranya:

1. Obat alergi

Kulit gatal gatal karna alergi juga bisa dihilangkan dengan mengoleskan ramuan daun sirih yang sudah di tumbuk halus, dan telah dicampurkan dengan minyak kayu putih juga jahe.

2. Mengobati payudara yang bengkak

Caranya:
Ambil daun sirih beberapa lembar sesuai yang di butuhkan, kemudian bakar hingga sedikit layu dan tempelkan kearea payudara yang bengkak. Cara seperti ini juga bisa anda pakai untuk mengurangi produksi ASI yang berlebihan.

3. Mengobati penyakit jantung

yuk jaga kesehatan jantung anda dengan ramuan tradisional ini.

Caranya:
Kumpulkan bahan-bahannya, seperti daun sirih, bawang merah, jintan putih dan biji kemukus. Nah bahan-bahan tadi anda tumbuk halus dan campurkan menggunakan air panas lalu minum ketika masih hangat.

4. Obat batuk

Untuk anda yang punya keluhan segala jenis batuk daun sirih adalah pilihan yang tepat untuk dijadikan obat.

Caranya:
Ambil beberapa daun sirih merah. Rebus, kemudian minum air rebusan tadi selagi masih hangat. Untuk mendapatkan hasil yang cepat minum secara rutin 2 kali dalam sehari dan khusus penderita bronkitis anda dapat meningkatkan dosis minimal 4 kali dalam sehari.

5. Menghilangkan jerawat

Jerawat bisa di bilang musuh paling menakutkan baik bagi pria maupun wanita, maka dari itu tumpas jerawat dengan daun sirih.

Caranya:
Bersihkan bagian-bagian yang berjerawatan dengan rebusan daun sirih. Namun alangkah lebih baiknya kalau di lakukan ketika air masih hangat.

6. Mengurangi rasa sakit saat haid

Darah berlebihan yang keluar saat haid dapat menimbulkan rasa nyeri saat datang bulan, untuk mencegah gal itu terjadi gunakan daun sirih sebagai obatnya.

Caranya:
Ambil daun sirih, kunyit dan gambir. Rebus secara bersamaan lalu minum airnya dengan rutin Minimal 2 kali dalam sehari.

7. Obat mata

Siapa yang nyangka bahwa air rebusan daun sirih sangat berkhasiat untuk menyembuhkan  mata merah sekaligus menjaga kesehatan mata.

Caranya:
Anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih sebagai kompres dan air hasil tumbukan daun sirih sebagai obat tetes mata. Saya saranin konsultasi dulu kedokter untuk mencoba menerapkan khasiat yang satu ini.

Menggunakan obat tradisional/alami memang khasiatnya tidak tampak secara kontan, tapi perlahan namun pasti.