Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jiwa Sosial Seorang Pendiam


Tidak ada orang yang tak ingin bersosialisasi, semua mahluk yang bergelar manusia pasti punya hasrat ingin berbaur dengan orang lain. Bercengkrama, saling tukar cerita dan tertawa bareng. 

Siapa sih yang betah hidup menyendiri.? kesepian, hanya sibuk main dengan andai-andai. Tidak ada yang namanya menyendiri itu pilihan. Semua pasti karna keadaan. Misalkan, karna merasa lain dari pada yang lain.

Buat apa berbaur dengan banyak orang, toh ujung ujungnya juga cuma di hina. Banyak sekali mulut-mulut yang kurang bersahabat, yang rentan membuat kita sakit hati dan tidak ada gunanya ada diantara mereka. 

Aku paling tidak suka sama orang yang menilai penyendiri itu dibilang sombong, manusia aneh dan misterius. Coba anda intropeksi diri dulu, pernah gak ketika ia ada anda menghargai dan menjaga sikap.? Kalau hadirnya hanya anda jadikan bulan-bulanan anda gak punya hak sama sekali untuk mengatakan penyendiri itu sombong. 

Menurutku orang yang suka menyendiri itu memiliki sifat yang penyabar, dewasa dan juga bijak. Kenapa,? Buktinya ia lebih memilih menghindar dari pada menimbulkan keributan, coba bayangkan jika sipenyabar marah.

Katanya penyabar kok bisa marah? yaelah bung, namanya juga manusia. Sesabar-sabarnya orang kalau di didzolimi terus menerus pasti emosi juga lah. Banyak yang bilang sabar itu gak ada batasnya, tapi jika itu kamu jadikan alasan untuk terus bully orang, artinya kamu gak pantas untuk disabarin. 

Jika ada orang suka menyendiri jangan dulu bersangka buruk, mungkin dia lagi ada masalah mungkin juga pernah mengalami trauma karena sering dibully. Sebaiknya kamu rangkul dia, jadilah teman dalam sepinya. Jika lukanya sudah sembuh dia bisa jadi teman yang asik untukmu.