Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membina Rumah Tangga Bahagia


Setiap orang punya cara sendiri dalam membina rumah tangga, karena kadar bahagia orang itu beda-beda. Tapi, untuk membangun rumah tangga tanpa perselisihan itu bukan sesuatu yang mudah, karena akan ada saja hal yang membuat rumah tangga diuji. 

Meskipun tidak sepenuhnya ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk membina rumah tangga yang bahagia. Berikut diantaranya:

1. Hargai Pasangan


Akhir-akhir ini marak sekali kasus perselingkuhan. Kenapa,? Itu karna kurangnya rasa saling menghargai. Coba anda bayangkan jika yang selingkuh itu pasangan anda pasti sakit.

Jika sekiranya anda tak mau di selingkuhi ya jangan selingkuh, kalau setia berujung bahagia kenapa mesti selingkuh yang berujung air mata.

2. Tingkatkan Kesabaran

Kesabaran dalam menjalani rumah tangga itu penting, karna dengan kesabaran kita dapat bersikap lebih bijak, tidak gampang emosi menanggapi masalah yang mungkin akan timbul dikemudian hari.

3. Saling Memberi Pujian

Nah dipoin ini anda harus sering-sering memberi pujian, meskipun yang dipersembahkan oleh pasangan kurang memuaskan, tapi setiap apa yang telah dilakukan dengan tulus perlu kita apresiasi.

Dalam menjaga keharmonisan rumah tangga saling memberi pujian itu penting, sebab pujian akan dapat membuat pasangan merasa lebih di hargai atas jerih payahnya.

4. Jangan Egois

Jangan egois, pahami apa perasaan pasangan anda, karena keegoisan hanya akan berdampak kurang baik dalam berumah tangga. Misal, jika ada masalah cobalah minta pendapat pasangan, dan hargai pendapatnya meski dikira kurang pas.

5. Bersikap Qona'ah

Anda tahu apa itu Qona'ah?
Qona'ah adalah menerima apa adanya, hal itu berarti mampu menerima apapun situasi dan keadaan dalam berumah tangga. 

Jika kita mampu bersikap Qona'ah, tidak akan ada waktu bagi kita untuk mencari cela pasangan, dan menerima apapun pemberian Tuhan. Qona'ah di sini bukan berarti tak boleh usaha untuk jadi lebih baik lagi.

6. Pikul Masalah Bersama

Ketika menghadapi masalah, penting bagi suami istri untuk mengatasi bersama. Karena salah satu pondasi dalam rumah tangga adalah kekompakan antara keduanya. 

Masalah sebesar apapun jika dihadapi sama-sama pasti akan lebih ringan, masalah tak mungkin cepat teratasi jika hanya salah satu yang maju.

7. Humoris

Kebayang gak jika keluarga semua bersikap kaku, sumpek mungkin, gak asik, bosen terus berantem deh, makanya sekali kali buat candaan, bersenda gurau dengan pasangan dapat pahala juga loh. 

Masalah bahagia atau tidaknya dalam berumah tangga, pasangan itu sendiri yang dapat merasakannya. yang penting jangan saling mengumbar aib pasangan, dan juga jangan terlalu memuji dihadapan orang lain.karna itu akan memicu timbulnya rasa iri bagi orang lain.