Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Hidup Hemat Anak Kost Agar Tidak Boros

6 Cara Hidup Hemat Anak Kost Agar Tidak Boros
Images: Pixabay
Bagi anak yang ingin belajar mandiri karena tidak ingin selalu bergantung sama orang tua, tempat kost merupakan pilihan yang tepat untuk tinggal. Karena selain privasi cukup terjaga harganya juga lumayan murah, cocok untuk kita yang punya modal pas-pasan.

Namun, meski bayarnya tergolong murah tidak jarang banyak orang yang mengeluh dengan biaya hidup dikost. Hidup murah dan hemat itu sebenarnya bisa dimana saja, cuma gaya hidup kita saja yang harus dikurangi. Berikut ini tips hidup hemat ala anak kost.

1. Beli Makanan Terjaukau

Sebagai anak kost kita dituntut untuk memakan makanan yang terjaukau, murah tapi bikin kenyang. Di posisi ini kita cuma memikirkan kondisi perut, urusan selera itu belakangan. 

Kalau mau lebih hemat lagi ada baiknya untuk memasak sendiri, misalkan menanak nasi di kost sehingga kamu cuma perlu beli lauk aja. Dengan menghemat biaya makan kamu bisa menyisihkan uangmu untuk keperluan lain. 

2. Minum Air Mineral Galon

Tinggal dikost an harus pandai-pandai mengatur pengeluaran, termasuk air minum. Belilah air mineral galon daripada eceran, karena selain sehat air galon juga bisa di isi ulang, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk sekali minum.

3. Buat Rincian Selama Sebulan

Buatlah rincian secara mendetail tentang pengeluaran yang kamu lakukan, termasuk uang makan, uang transportasi, uang listrik dan uang kost. 

Hal ini cukup penting bagi anak kost untuk mengantisipasi pengeluaran mana yang membengkak selama sebulan, sehingga kamu bisa lebih menghemat lagi apa-apa yang terlalu menguras kantong.

4. Belanja Bulanan

Untuk kebutuhan selama di kost seperti peralatan mandi dan kebutuhan lainnya cobalah untuk melakukan belanja bulanan. Membeli kebutuhan secara sekaligus dalam satu waktu cukup efektif dan lebih menghemat. 

Membeli barang sedikit demi sedikit memang terkesan ringan, tapi justru jika dilakukan secara ulang-ulang akan mengakibatkan pemborosan.

5. Kurangi Hang Out

Jika kamu tipikal bosenan dan biasa jalan-jalan sama teman, selama di kost sebaiknya dikurangi. Sebab aktivitas tersebut cukup menguras kantong, belum lagi kalau tongkorongannya ditempat eliet dengan beragam kuliner yang harganya tidak sesuai kantong anak kost.

6. Jangan Terlalu Aktif Ngikutin Trend Fashions

Di zaman yang serba digital ini setiap buka sosial media kita selalu disuguhkan dengan trend fashions yang hampir setiap hari ada yang baru. dan sebagai anak kost tentu kita tidak bisa setiap saat mengoleksi barang yang ditawarkan. Karena selain menyebabkan pemborosan, hal yang demikian itu hanya buat mubazir karena selalu ada saja trend yang baru. 

Itulah beberapa tips hidup hemat ala anak kost. Semoga membantu.

Post a Comment for "6 Cara Hidup Hemat Anak Kost Agar Tidak Boros"