Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Alasan Kenapa Kucing Harus Disayang Menurut Islam

5 Alasan Kenapa Kucing Harus Disayang Menurut Islam
Images: Pixabay
Kucing tidak hanya bisa dijadikan teman, tapi juga memberi berbagai keuntungan bagi siapapun yang memeliharanya. Sebab, selain tingkahnya yang menggemaskan kucing juga termasuk dalam ketegori hewan yang suci dari najis.

Bahkan Nabi SAW juga punya peliharaan kucing yang diberi nama Muezza, dan Rasulullah juga sering memberi perhatian kepada hewan yang satu ini. Tidak hanya itu saja, masih banyak alasan kenapa memelihara kucing membawa keberuntungan. Berikut diantaranya:

1. Hewan yang Suci Dari Najis

Kucing termasuk dalam golongan hewan yang dianggap suci dari najis. Bahkan keringat, sisa makanan dan air liur kucing dianggap suci serta bersih. Hal ini bisa dilihat dari kebiasaan kucing yang membersihkan badannya yang kotor dan menjilat kucing lain termasuk anaknya. 

''Kucing itu tidak najis. Sesungguhnya kucing merupakan hewan yang sering kita jumpai dan berada disekiling kita.'' (HR. Tirmidzi)

2. Bisa Mendatangkan Rahmat Allah

Rahmat Allah bisa dicari dimanapun kita berada, dan Allah akan memberikan rahmatnya bagi siapapun yang ia kehendaki, termasuk pada orang yang menyayangi kucing. Ini sebagai bukti bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan hamba yang saling menyayangi

Sebenarnya tidak hanya kucing, kepada penyayang hewan lain juga Allah akan memberikan rahmatnya. Cuma hewan yang satu ini memang mempunyai keistimewaan tersendiri.

3. Memanjatkan Doa

Salah satu alasan kenapa kucing tidak boleh disakiti, dan sudah selayaknya untuk disayang ialah karena dia selalu mendoakan kebaikan bagi pemiliknya. Doa tersebut sebagai tanda rasa terima kasih telah memberi makan dan merawatnya dengan baik.

Bahkan, kucing kesayangan Nabi SAW Muezza suka mengeong saat mendengar suara adzan, layaknya orang yang mengikuti lantunan adzan yang tengah berkumandang. 

4. Lucu dan Penurut

Kucing adalah hewan yang cocok untuk dijadikan sebagai peliharaan, karena selain bentuknya yang lucu, hewan yang satu ini juga cenderung penurut pada pemiliknya. Apalagi dengan sifatnya yang manja pasti tidak akan menyesal menjadikan kucing sebagai hewan kesayangan.

Dengan segala tingkahnya yang menggemaskan itu maka tidak heran jika baginda Nabi SAW suka mengelus kepala Muezza sebagai bentuk kasih sayang.

5. Menjaga Kebersihan

Kucing termasuk dalam kategori hewan yang tidak jorok dan pandai menjaga kebersihan. Dalam tubuh kucing terdapat otot yang memiliki fungsi untuk mencegah adanya telur bakteri, sehingga tidak rentan terkena penyakit. 

Jadi hewan yang satu ini sangat cocok untuk dipelihara, lebih-lebih untuk dijadikan teman dalam rumah. 

Itulah beberapa alasan kenapa kucing harus disayang. Sejatinya sebagai sesama mahluk Allah kita wajib saling menyayangi.

Post a Comment for "5 Alasan Kenapa Kucing Harus Disayang Menurut Islam"