Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mengatasi Malas Shalat yang Wajib Dicoba

3 Cara Mengatasi Malas Shalat yang Wajib Dicoba
Images: Republika
Shalat adalah perintah langsung dari Allah, dan bagi siapapun hamba yang bernyawa wajib melaksanakan yang namanya shalat. Bahkan, saking pentingnya shalat orang sakit harus tetap melaksanakannya. 

Namun, meskipun shalat merupakan perintah yang tidak bisa ditawar lagi, masih banyak hamba yang lalai akan kewajiban yang satu ini. Entah karena malas, lupa atau memang sengaja tidak mau shalat. Untuk rasa malas sendiri sebenarnya ada beberapa tips agar tidak lagi malas dalam mengerjakan shalat, berikut diantaranya: 

1. Shalat Tepat Waktu

Ketika sudah memasuki waktu shalat sebaiknya hentikan dulu aktivitasmu barang sejenak, dan dirikan shalat tanpa harus berkata nanti-nanti. Karena shalat tepat waktu adalah cara paling jitu agar tidak malas shalat. 

Kenapa? karena sesuatu yang terlalu banyak ditunda pada akhirnya akan menimbulkan rasa malas yang pada akhirnya akan menjadi kebiasaan, dan fatalnya lagi akibat sering menunda cenderung kebablasan tidak shalat. 

2. Niat Karena Allah

Agar tidak malas shalat perbaiki dulu niat dalam hatimu, periksa lagi bagaimana ketulusan kamu dalam mengerjakannya. Kalau cuma ingin dapat pujian dari manusia jangan heran kalau kamu sering malas, karena kalau lagi tidak ada yang muji kamu juga engan untuk melaksanakanya.

Itulah kenapa sesuatu yang diniatkan karena Allah pasti akan berjalan murni tanpa harus menarik perhatian sana-sini. Begitu juga dengan shalat, jika diniatkan tulus karena Allah pasti tidak akan timbul rasa malas setiap kali akan melakukannya. 

3. Menganggap Shalat Sebagai Aktivitas Penting

Ketika kamu menganggap shalat sebagai prioritas yang paling penting daripada aktivitas lainnya, rasa malas itu perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya. Ini akan akan sengat membantumu dalam usaha istiqomah dalam shalat.

Seperti yang kita ketahui, shalat tidak hanya sekedar gerakan tapi terdapat makna dan perintah langsung dari Allah. Itulah kenapa shalat harus dianggap sebagai prioritas utama melebihi apapun di dunia ini.

Itulah beberapa tips agar tidak malas mengerjakan shalat. Semoga kita tidak termasuk dalam golongan orang yang lalai.

Post a Comment for "3 Cara Mengatasi Malas Shalat yang Wajib Dicoba"