Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Dosa yang Mengundang Datangnya Bencana Mengerikan

5 Jenis Dosa yang Mengundang Datangnya Bencana Mengerikan

Mengaca pada rentetan peristiwa menyedihkan yang terjadi belakangan ini rasanya sungguh menyayat hati. Mulai dari pandemi covid-19, banjir, gempa dan letusan gunung yang cukup banyak menelan korban jiwa. Dengan segala hal mengerikan itu sudah cukup sebagai bahan renungan bahwa dunia sudah tidak baik-baik saja. 

Sejatinya dalam hal ini tidak usah mencari siapa yang salah, kita perlu saling intropeksi diri, karena siapa tau datangnya bencana yang terjadi kita juga punya andil sebagai salah satu penyebabnya. Seperti yang dijelaskan dalam berbagai hadis bahwa ada perilaku dosa yang mengundang datangnya bencana dimuka bumi ini. Berikut diantaranya:

1. Mendustakan Ayat-ayat Allah

Sebagai umat islam yang baik kita sudah sepantasnya percaya dan yakin akan ayat-ayat yang sudah tertulis dalam Al-qu'an, karena itu adalah kebenaran. Dan celakalah bagi mereka yang sengaja ingkar atau mendustakan ayat-ayat Allah.

''Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetap mereka mendustakan (ayat-ayat kami) itu, maka kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.'' (QS. Al-A'raf:96).

2. Tingkah Manusia yang Merusak Alam

Dengan kemurahan hatinya Tuhan menciptakan alam dengan segala yang terdapat didalamnya, tugas kita sebagai manusia iyalah menjaga apa yang sudah diamanatkan oleh Tuhan. Namun, nafsu serakah manusia memang kadang diluar nalar dan tanpa perasaan, alam yang seharusnya dijaga sengaja dirusak. Padahal, merusak alam sama dengan mengundang bencana yang pada akhirnya akan merugikan diri sendiri.

''Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)'' (QS. Ar Rum:41)

3. Zina dan Riba yang Dilakukan Terang-terangan

Ketika manusia sudah tidak punya malu lagi dengan dosa yang dia perbuat, maka disitulah murka Allah akan terus menghujaninya tanpa henti. Seperti zina yang dilakukan secara terang-terangan dan perbuatan riba yang seakan menjadi kebiasaan. 

Nabi SAW bersabda: ''Tidaklah suatu kaum mereka melakukan dengan terang-terangan berupa riba dan zina, melainkan halal bagi Allah untuk menimpakan azabnya kepada mereka.'' (HR. Ahmad).

4. Menyekutukan Allah

Perbuatan syirik atau menyekutukan Allah adalah perbuat yang paling buruk, dan mengundang berbagai macam bencana. Ini sebagai bukti betapa bencinya Allah terhadap perbuatan tercela ini. 

''Sesunguhnya Allah tidak mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang dia kehendaki. Barangsiapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang bersar.'' (QS. An Nisa: 48)

5. Tidak Mengingatkan Orang yang salim

Sebagai muslim yang baik kita sudah seharusnya saling mengingatkan jika dirasa ada perilaku yang tidak pantas dilakukan orang lain, perkara orang mau dengar atau tidak itu urusan dia dengan Tuhan. Dan celakalah mereka yang tidak mau mengingatkan padahal jelas-jelas ada perilaku menyimpang di depan mata.

''Dan periharalah dirimu dari pada siksaan (azab/bencana) yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja diantara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya.'' (QS. Al-Anfal: 25).

Itulah dosa yang mengundang datangnya bencana. Semoga kita lebih hati-hati dalam bertingkah laku. 

Post a Comment for "5 Jenis Dosa yang Mengundang Datangnya Bencana Mengerikan"