Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Kelahiran Baginda Rasulullah SAW

5 Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Kelahiran Baginda Rasulullah SAW

Tidak terasa kita sudah sampai pada bulan Rabiul Awal, bulan yang punya peristiwa penting dan sudah tercatat dalam sejarah perjalanan agama islam. Sebab, dibulan tersebut insan mulia Nabi SAW dilahirkan, dan dibulan itu juga beliau diwafatkan.

Dengan rentetan peristiwa yang terjadi dibulan itu tidak heran jika bulan Rabi'ul Awal disebut menyimpan banyak keutamaan. Berikut diantaranya:

1. Kelahiran Nabi SAW

Banyak bulan bersejarah yang disebutkan dalam agama islam, dimana salah satu bulan yang mempunyai sejarah penting adalah bulan Rabiul Awal tepatnya hari senin ditahun gajah. Sebab, dibulan tersebut lahir pemimpin umat muslim yang menjadi rahmat bagi seluruh alam, beliau adalah baginda Nabi SAW.

Allah berfirman: ''Dan tiadalah kami mengutus kamu melainkan untuk menjadi rahmat bagi alam semesta.'' (al-anbiya ayat 107)

2. Wafatnya Nabi SAW

Selain merupakan bulan kelahiran baginda Nabi SAW, 12 Rabiul Awal Tahun 11 hijriyah juga merupakan bulan dimana insan mulia tersebut kembali pada sang khalik.

Itulah kenapa bulan Rabiul awal dikenal dengan dua peristiwa penting, yakin lahir dan wafatnya baginda Nabi SAW.

3. Memiliki Banyak Berkah

Dibulan Rabiul Awal umat muslim dianjurkan untuk banyak melakukan rutinitas yang bermanfaat, seperti mengadakan perkumpulan dimajelis-majelis atau tempat lain yang dimuliakan oleh Allah. Karena dibulan tersebut dicurahkannya banyak keberkahan bagi siapa saja yang mengerjakan hal-hal baik. 

4. Menyampaikan Cinta Pada Rasulullah

Bayangkan, betapa besar perjuangan Rasulullah demi umatnya, dan hal itu sudah terukir indah dalam sanubari umat muslim. Bahkan, diakhir hanyatnya Rasulullah masih memikirkan bagaimana nasib umatnya. 

Untuk itu, sudah sepantasnya kita memperbanyak solawat sebagai bukti bahwa kita cinta Rasullah, mengikuti sunah yang sudah diajarkan dan menjauhi hal yang dilarang. InsyaAlllah dengan syafaatnya kita akan berjumpa disurga kelak.

5. Mendapat Rahmat Allah

Setiap orang pasti ingin masuk dalam golongan yang dicintai dan dirahmati oleh Allah, bersama tidak hanya didunia tapi sampai ke surga kelak. Namun, tidak semua orang punya keberuntungan bisa berkumpul dengan orang-orang shaleh. 

''Barangsiapa yang mengumpulkan saudara-saudara untuk memperingat Maulid Nabi kemudian menyediakan makanan, tempat dan berbuat kebaikan untuk mereka serta ia menjadi sebab untuk atas dibacakannya maulid Nabi maka Allah akan membangkitkan dia bersama-sama orang yang jujur, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang yang shaleh dan dia juga akan dimasukkan ke dalam surgannya.'' (Imam Syafi'i RA)

Itulah beberapa keutamaaan bulan Rabiul Awal. Semoga kita senantiasa dicucuri rahmat oleh Allah, dan dapat syafaat dari baginda Nabi SAW.

Post a Comment for "5 Keutamaan Bulan Rabiul Awal, Kelahiran Baginda Rasulullah SAW"