Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahala Tanpa Batas, Ini 8 Balasan Istimewa Untuk Orang yang Ikhlas Menurut Islam

Sebagai umat islam yang baik kita dianjurkan untuk belajar ikhlas dari setiap kejadian yang menimpa dalam hidup ini,
Images: Pixabay
Sebagai umat islam yang baik kita dianjurkan untuk belajar ikhlas dari setiap kejadian yang menimpa dalam hidup ini, ikhas dari kehilangan, ikhlas dari harapan dan masih banyak lagi hal-hal yang memaksa kita untuk belajar ikhlas.

Pada hakikatnya ikhlas tidak hanya sebagai cara agar kuat menghadapi kenyataan, lebih daripada itu ikhlas memberi manfaat yang sangat luar biasa. Bahkan, Allah menjanjikan hal-hal indah sebagai balasan atas jerih payahmu yang berusaha untuk ikhlas. Balasan apa aja itu? Berikut diantaranya: 

1. Mendapatkan Pahala

Ikhlas tidak hanya sekedar kata yang harus dilakukan, tapi ikhlas adalah akhlak yang akan mendatangkan pahala yang berlimpah-limpah pada orang yang melakukannya. Ini merupakan bukti betapa ikhlas adalah perbuatan yang tidak mudah, sehingga Allah memberi pahala yang besar bagi yang mampu mengikhlaskan apa yang terjadi. 

2. Hati Menjadi Tenang

Ikhlas adalah kondisi dimana hati tidak lagi merasakan sakit ketika diberi sesuatu yang tidak menyenangkan oleh Allah, ia akan menerima apapun yang menjadi bagiannya tanpa sedikitpun mengeluh. Hal ini akan memberikan ketenangan hati, dan membebaskan diri dari rasa ingin lebih, lebih dan lebih.

3. Disayangi Orang Lain

Tidak hanya Allah, manusia lain juga akan mudah simpati dan menyayangi orang yang berkepribadian ikhlas. Sebab manusia jenis ini kalau memberi pertolongan tulusnya bukan main, ia akan membantu saudara yang kesusahan tanpa mengharap orang tersebut membalas kebaikannya. Dia ikhlas dan punya simpati yang luas.

4. Bersyukur

Orang ikhlas akan lebih mudah bersyukur kepada Allah, ia tidak akan mengeluh apalagi mengutuk sesuatu yang sudah Allah gariskan untuknya. Itulah kenapa ikhlas disebut sebagai ilmu tingkat tinggi yang harus dimiliki dalam hidup ini.

5. Menjadi Sosok yang Kuat dan Hebat

Karena seringnya menerima sesuatu tanpa harus mengeluh, orang yang ikhlas akan memilki hati yang kuat dan tidak mudah goyah. Pengalaman hidup yang menempa hatinya telah mengajarkan untuk menjadi sosok kuat dan terampil dalam menerima kenyataan. 

6. Jauh Dari Sifat Iri

Sifat iri hanya dimiliki oleh orang yang tidak punya rasa ikhlas dan rasa syukur dalam hatinya, kenapa? karena yang mereka lihat hanya nikmat yang dimiliki orang lain tanpa punya waktu merenung dan melihat nikmat yang sudah Allah berikan untuknya. 

7. Sempurna Imannya

Keikhlasan akan memberikan kesadaran bagi yang melakukannya agar setiap melakukan sesuatu semata-mata karena Allah, sebab hanya orang yang demikian itulah yang bisa dikatakan sempurna keimanannya. 

''Barangsiapa memberi karena Allah, menolak karena Allah, mencintai karena Allah, memberi karena Allah, dan menikah karena Allah, maka sempurnalah imannya. (HR. Abu Dawud).

8. Mendapat Kemuliaan Dari Allah

Orang yang ikhlas tanpa batas akan mendapat tempat tersendiri disisi Allah, dimana mereka akan dimuliakan lebih dari kemuliaan yang diterima dari manusia. Ini merupakan anugerah terindah dari Allah, mengingat tidak sembarang orang yang bisa mendapat tempat terbaik disisinya.

Post a Comment for "Pahala Tanpa Batas, Ini 8 Balasan Istimewa Untuk Orang yang Ikhlas Menurut Islam"