Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Keindahan Toleransi Antarumat Beragama Dalam Kehidupan Bermasyarakat

6 Keindahan Toleransi Antarumat Beragama Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Sikap toleransi memang sebuah keharusan untuk dimiliki oleh setiap orang agar punya sikap welas asih dan menghargai perbedaan. Apalagi kita sebagai warga negara indonesia, yang mana didalamnya terdapat banyak sekali perbedaan, mulai dari suku, budaya dan juga agama.

Seperti kasus yang sudah-sudah banyak sekali konflik yang terjadi akibat kurangnya sikap toleransi, mau menang sendiri dan hanya perduli pada kelompok diri diri sendiri. Sikap culas seperti inilah yang harus dibuang jauh-jauh. 

Bicara soal toleransi banyak sekali orang yang kurang memahami betul apa aja sih manfaat dari sikap itu sendiri sehingga dianggap sebuah keharusan. Berikut manfaat toleransi dalam kehidupan sehari-hari..

1. Banyak Saudara

Hidup perdampingan tanpa harus memandang suku dan agama itu indah loh, merangkul siapa saja tanpa harus pilih-pih. Sebab, kita tidak tau apa yang akan terjadi esok dan siapa yang datang lebih dulu memberi bantuan kalau kita lagi jatuh, yang sudi mengulurkan tangan untuk membantumu berdiri kembali. 

2. Harmonis dan damai

Harmonis itu indah dan damai itu impian, iitu semua hanya akan dapat diraih kalau dalam hatimu tertanam sikap toleransi. Orang dengan sikap toleransi tinggi akan mampu menahan diri untuk tidak memaksakan pendapat orang lain, sehingga hidup akan lebih damai dan hubungan dengan sesama akan lebih harmonis.

3. Menguatkan Nasionalisme 

Sebagai bangsa yang sudah merdeka sudah selayaknya tumbuh sikap nasionalisme dalam diri, mencintai tanah air dan menghindari perselisihan yang pada akhirnya berimbas pada ketentraman bumi pertiwi ini, termasuk dalam kehidupan beragama. 

Seperti yang kita ketahui di indonesia terdapat beberapa agama yang diakui, sudah seyaknya menghargai kelompok orang lain, dan tingkatkan jiwa nasionalisme agar negara tercinta ini terhindar dari yang namanya perpecahan.

4. Mendukung Kebebasan 

Orang dengan sikap toleransi akan lebih legowo dalam menyikap pilihan orang lain sekalipun itu tidak sesuai dengan jalan pikiran diri sendiri, mereka lebih punya kesadaran sendiri bahwa setiap orang berhak untuk menentukan jalan hidupnya sendiri, dan selama itu tidak menyimpang juga tidak merugikan orang lain, tidak ada yang berhak untuk mengaturnya. 

5. Mencegah Perpecahan

Sikap tolaransi juga berguna untuk meminimalisir terjadinya perpecahan dalam kehidupan sehari-hari. sebab seringkali konflik dalam kehidupan bermasyarakat itu terjadi karena kurangnya sikap toleransi dan tidak menghargai perbedaan, maunya cuma mau akur dengan orang satu jalan dengannya. 

6. Belajar Untuk Tidak Egois

Sikap toleransi mengajarkan kita untuk tidak egois dan cuma mementingkan diri sendiri, ada orang lain yang harus kita jaga perasaannya. Selain merugikan orang lain, sikap egois sangat berbahaya untuk diri sendiri, orang akan menjauh dan engan memberi bantuan ketika kita lagi kesusahan. 

Itulah bebarapa manfaat toleransi. Semoga kita termasuk dalam golongan orang yang bisa menghargai perbedaan.

Post a Comment for "6 Keindahan Toleransi Antarumat Beragama Dalam Kehidupan Bermasyarakat"