Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Hikmah Dibalik Ujian dan Cobaan Dari Allah

6 Hikmah Dibalik Ujian dan Cobaan Dari Allah
Images: Getty Images
Setiap yang bernyawa pasti akan Allah uji, ujian yang kadang membuat orang frustasi dan merasa tidak mampu untuk menghadapinya. Bahkan, saking beratnya ujian yang dihadapi kadang membuat orang bersangka buruk dan menganggap Tuhan itu jahat dan tidak adil.

Namun, sebagai muslim yang baik kita dianjurkan untuk selalu bersangka baik terhadap rencana yang Allah atur. dan mengenai ujian yang dianggap berat sesungguhnya menyimpan hikmah tersendiri didalamnya. Berikut ini hikmah dibalik ujian yang kita hadapi.

1. Menguatkan Iman

Ketika ujian datang bertubi-tubi kadang kita merasa Tuhan tidak adil dengan membuat kita rapuh dan terjatuh. Padahal jika kamu menyikapinya dengan bijak, ujian yang datang bisa menjadi penguat iman agar kita lebih siap menghadapi kehidupan yang panjang. 

''Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepada kalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.'' (QS. Al-Baqarah: 155)

2. Penghapus Dosa

Tidak mudah menghapus dosa yang sudah terlanjur kita lakukan, baik kesalahan pada Allah atau kesalahan pada sesama. Selain dengan taubat yang diterima, dosa hanya bisa hapus jika orang itu punya hati yang ikhlas manakala Allah mengujinya dengan ujian yang hebat.

''Tidaklah seorang muslim tertimpa sesuatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan menggugurkan bersamanya dosa-dosa seperti pohon yang menggugurkan daun-daunnya.'' (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Allah Angkat Derajatnya

Sudah selayaknya kita berbahagia ketika mendapat ujian, sebab tidak lama lagi Allah akan meninggikan derajat kita jika mampu bersabar dalam menghadapi ujian tersebut. Tidak hanya didunia, Allah akan meninggikan derajat kita diakhirat kelak. InsyaAllah. 

''Tidak ada satu pun musibah yang menimpa seorang muslim berupa duri atau yang semisalnya, melainkan dengannya Allah akan mengangkat derajatnya atau menghapus kesalahanya.'' (HR. Muslim)

4. Tanda Cinta Allah

Ketika diuji dengan sesuatu yang paling tidak kita sukai kadang terlintas sesuatu yang membuat kita beranggapan bahwa Tuhan tidak adil (Naudzubillah Min Dzalik). Padahal itu adalah bahasa rindu yang sengaja Allah kirim kepada hamba yang ia cintai. Ia rindu kita curhat kepadanya, ia ingin kita mendekat dan mengadukan semua yang menjadi beban dalam hati. 

''Jika Allah menginginkan kebaikan pada hamba, dia akan segerakan hukumannya didunia. Jika Allah menghendaki kejelekan padanya dia akan mengakhiri balasan atas dosa yang ia perbuat hingga akan ditunaikan pada hari kiamat kelak.'' (HR.Timidzi)

5. Pahala Tanpa Batas 

Percayalah Allah tidak akan menyia-nyiakan kesabaran yang telah kamu lakukan, dan seandainya dilihatkan secara langsung sesungguhnya setiap insan tidak akan menyia-nyiakan buat dari kesabaran. Pahala yang mengalir tanpa batas tidak akan membuatnya mengeluh ketika Allah mengujinya.

''Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.'' (QS. Az-Zumar: 10)

6. Setara Mati Syahid

Tidak hanya orang yang gugur berperang dijalan Allah saja yang mendapatkan pahala berlimpah-limpah, orang yang ikhlas dan sabar ketika dibenturkan dengan ujian yang hebat juga akan mendapatkan pahala layaknya orang yang mati syahid. 

''Wabah penyakit adalah sejenis siksa (azab) yang Allah kirim kepada siapa yang dia kehendaki. Sesunggunya Allah menjadikan hal itu sebagai rahmat bagi kamu Muslimin. Tidak ada seorang pun yang terserang wabah, lalu dia bertahan di tempat tinggalnya dengan sabar dan mengharap pahala, juga mengetahui bahwa dia terkena musibah melainkan karena Allah telah mentakdirkan kepadanya, maka dia mendapatkan paha seperti pahala orang yang mati syahid.'' (HR. Bukhari, An-Nasa'i, dan Ahmad)

Itulah hikmah dibalik ujian yang bertubi-tubi. Semoga kita termasuk orang yang beruntung.

Post a Comment for "6 Hikmah Dibalik Ujian dan Cobaan Dari Allah"