Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Golongan yang Dirindukan Surga, Hamba yang Beruntung

4 Golongan yang Dirindukan Surga, Hamba yang Beruntung
Images: PIxabay
Surga bukan tempat sembarangan yang semua orang bisa menjadi penghuninya, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menempati tempat yang bernama surga. 

Dalam islam sendiri sudah dijelaskan siapa dan amalan apa saja yang bisa menjadi perantara seseorang masuk surga. Bahkan ada beberapa golongan yang Allah janjikan bakal masuk surga, tidak hanya masuk mereka ini merupakan insan yang dirindukan oleh surga karena kebajikan yang ia lakukan. Golongan apa aja itu? berikut diantaranya:

1. Pembaca Al-qur'an

Orang yang gemar membaca Al-qur'an, bahkan tidak ada kesibukan lain yang lebih diutamakan selain Al-qur'an, ialah termasuk orang yang dirindukan oleh surga. 

''Bacalah (Al-Qur'an), naiklah (pada derajat-derajat suega) dan bacalalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukannya kedudukan derajatmu pada kadar akhir ayat yang engkau baca.'' (HR. Ahmad).

2. Orang Menjaga Lisannya

Tidak hanya tingkah laku, lisan juga merupakan senjata mematikan yang bisa melukai hati siapapun. Luka akibat senjata mungkin bisa sembuh, tapi luka akibat ucapan sulit untuk dilupakan. Itulah kenapa sebagai muslim yang baik kita dianjurkan untuk senantiasa menjaga lisan dari perkataan-perkataan buruk. 

Tidak hanya menyelamatkanmu, tapi lisan yang terjaga juga bisa menjadi perantara bagimu untuk menjadi penghuni surga. Hal ini diperkuat oleh sebuah hadis: ''Wahai Rasulullah, ada seseorang wanita yang hanya melaksanakan shalat wajib saja dan hanya bersedekah dengan sepotong keju namun dia tidak pernah menyakiti tetangganya.''

Nabi SAW menjawab, ''Dia termasuk penghuni surga.''

3. Memberi Makanan Pada Orang Kelaparan

Sejatinya dalam setiap rezeki melimpah yang kita dapat bisa jadi ada rezeki orang lain yang sengaja Allah titipkan kepada kita. Itulah kenapa kita dianjurkan untuk saling berbagi, termasuk pada orang kelaparan. Ini tidak hanya sebagai bentuk kemurahan hati, tapi juga bisa menjadi alasan bagi Allah untuk memasukkanmu kedalam surganya.

Nabi SAW bersabda: ''Siapapun kaum mukmin yang memberi makan mukmin lain yang kelaparan, maka pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dan buah-buahan surga.'' (HR. Tirmidzi).

4. Orang Berpuasa Dibulan Ramadhan

Sudah dijelaskan dalam Al-qu'an mengenai keistimewaan bulan Ramadhan. Tidak hanya semua amalan dilipat gandakan, tapi orang yang puasa Ramadhan akan Allah persilahkan untuk memasuki surganya.

 Hal ini diperkuat dengan hadist Nabi SAW: ''Surga memiliki delapan buah pintu, Diantara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar-Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.'' (HR. Bukhari).

Post a Comment for "4 Golongan yang Dirindukan Surga, Hamba yang Beruntung"