Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Ciri-ciri Rezeki yang Dipenuhi Keberkahan, Mengundang Kebaikan

4 Ciri-ciri Rezeki yang Dipenuhi Keberkahan, Mengundang Kebaikan
Images: Pixabay
Setiap orang sudah Allah jamin rezekinya, dan jalan untuk mendapatkan rezeki itu sendiri berbagai macam cara. Ada cara baik, dan ada cara yang tidak baik, terserah kita mengambil jalan apa dalam menjemput rezeki dari Allah. 

Namun, setiap langkah yang kita ambil dalam hidup ini pasti memiliki dampak dikemudian hari, termasuk jalan dalam mencari rezeki. Berikut ini ciri-ciri yang dipenuhi dengan keberkahan oleh Allah. 

1. Hati Semakin Tenang

Berkah tidaknya rezeki yang kita dapat bisa dilihat dari seberapa tenang hatimu ketika menikmatinya, hal ini bisa terjadi karena kita selalu mengikut sertakan Allah dalam setiap urusan dan ikhtiar yang kita lakukan guna mendapatkan rezeki tersebut. 

''Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya.'' (QS. At-Thalaq: 2-3)

2. Mudah Bersyukur

Rezeki tidak hanya berupa uang, melainkan kesempatan, keluarga dan nafas yang masih berhembus sampai saat ini juga merupakan nikmat besar yang harus kita syukuri. Selain itu, hati yang mudah beryukur ketika mendapatkan nikmat berupa rezeki juga merupakan bukti bahwa terdapat keberkahan didalamnya. 

''Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rezeki yang baik yang kami berikan kepadamu, dan bersyukurlah kepada Allah jika memang hanya dia yang kamu sembah.'' (QS. Al-baqarah:172)

3. Tidak Pelit Sedekah

Rezeki yang dihasilkan dengan cara yang baik akan membuat seseorang tidak segan-segan untuk berbagi kepada sesama, ini merupakan bentuk kesadaran diri bahwa dalam rezeki yang didapat ada hak orang lain yang sengaja Allah titipkan kepadamu.

''Katakanlah, sesungguhnya Tuhanmu melapangkan rezeki dan membatasi bagi siapa yang dia kehendaki diantara hamba-hamba Nya. Apapun infak yang kalian infakan maka Allah pasti akan mengantikannya, dan dia adalah sebaik-baiknya pemberi rezeki.'' (QS. Saba:39)

4. Mengundang Kebaikan

Rezeki yang penuh keberkahan akan senantiasa mendatangkan kebaikan pada pemiliknya. Contohnya keluarga hidup tenang, dan anak yang dinafkahi dengan harta yang berkah akan tumbuh dengan baik dan insyaAllah akan menjadi anak yang shaleh/shalihah.

Allah berfirman, ''Wahai para rasul: Makanlah dari (makanan) yang baik-baik, dan kerjakanlah kebajikan. Sungguh, aku maha mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al-Mu'minun-51)

Post a Comment for "4 Ciri-ciri Rezeki yang Dipenuhi Keberkahan, Mengundang Kebaikan"