Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Janji Allah Untuk Orang yang Sabar dan Ikhlas, Tercatat Dalam Alquran

3 Janji Allah Untuk Orang yang Sabar dan Ikhlas, Tercatat Dalam Alquran
Images: Ampelsa
Adakalanya kita merasa capek sendiri dengan kesabaran yang selama ini dilakukan, dan merasa segala bentuk kesabaran hanyalah bentuk kesia-siakan dan kebodohan. Wajar namanya juga manusia, pasti ada rasa lelah dengan keadaan yang dihadapi. Perasaan semacam itu hanyalah bagian dari proses ujian bernama sabar yang harus tahan.

Sebagai orang yang beriman kita dianjurkan untuk selalu bersangka baik dalam menjalani kehidupan, harus percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi pasti ada hikmahnya sendiri. Mungkin tidak terlihat saat itu juga, tapi lambat laun pasti akan ketahuan dampak baiknya bagi kehidupan kita. Termasuk ketika kita telah berusaha sabar, Allah sudah menjanjikan hal istimewa bagi hamba yang sudah sabar akan segala ketentuannya. Balasan apa aja itu? Berikut diantaranya: 

1. Di Sukai Allah

Jangan sedih apalagi merasa sendiri, karena seburuk apapun kamu dipandang oleh manusia Allah akan menyayangimu jika kamu termasuk dalam golongan orang yang sabar.

''Dan berapa banyaknya Nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut (nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) meyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.''

2. Keberuntungan

Menghadapi sesuatu yang menurutmu sulit memang harus diselingin dengan kesabaran, sebab hanya dengan sabar kamu bisa melaluinya dengan baik, dan InsyaAllah akan mendatangkan berbagai macam keberuntungan.

''Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.'' (QS. Ali Imran: 200)

3. Dapat Ampunan

Bersyukurlah jika kamu termasuk orang yang sabar, sebab orang sabar itu lebih mudah mendapat ampunan dari Allah. Karena tidak semua orang punya keberuntungan yang sama, ada sebagian dari mereka yang terus berkubang dalam dosa, bahkan meski bertaubat berkali-kali belum tentu ampunan Allah datang kepadanya. 

''Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata ''Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Raji'un'' (Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendaatkan petunjuk.'' (QS. Al Baqarah: 155).

4. Pahala Tanpa Batas

Percayalah, bahwa Allah tidak akan menyia-nyikan kesabaranmu. Allah akan memberimu pahala yang berlimpah-limpah sebagai hadiah dari rasa sabarmu selama ini. 

''Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.'' (Surat An Nahl Ayat 96).

5. Akhir yang Baik 

Mungkin saat ini badanmu sedang capek karena diuji, dan hatimu sedang dihantam babis-habisan. Namun yakinlah tidak ada kesusahan yang abadi, dan  setiap kesabaran yang kamu lakukan pasti akan menemukan akhir yang baik. 

''Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan baikan; orang itulah yang mendapatkan tempat kesudahan ( yang baik).'' (QS. Ar-Ra'd: 22).

6. Derajat Tinggi Disurga

Tidak main-main, Allah sengaja menyediakan surga bagi hamba-hamba yang bersabar dan selalu bersangka baik padanya. Inilah puncak dari segala nikmat karena tidak sembarangan orang bisa punya keberuntung dengan menjadi salah satu penghuni surga. 

''Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat didalamnya.''

Itulah balasan bagi orang yang bersabar, jadi tidak usah merasa sia-sia karena bersabar. Sebab, janji Allah adalah pasti. 

Post a Comment for "6 Janji Allah Untuk Orang yang Sabar dan Ikhlas, Tercatat Dalam Alquran"