Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Golongan yang Pertama Kali Menginjakkan Kaki Di Surga Allah

3 Golongan yang Pertama Kali Menginjakkan Kaki Di Surga Allah
Images: Pixabay
Setiap orang tentu ingin menjadi penghuni surga, bahkan pendosa berat sekalipun pasti dalam hati kecilnya terselip harapan untuk menjadi ahli surga. Itulah kenapa surga disebut sebagai tempat yang paling diinginkan oleh umat islam. 

Kelak, didalam surga terdapat banyak golongan dan dengan berbagai macam amalan yang membuat mereka berkumpul ditempat terindah yang sengaja Allah siapkan. Namun, ada golongan yang akan pertama kali menginjakkan kaki disurga, dimana golongan yang lain tidak akan masuk surga sebelum golongan ini memasukinya. Siapakah mereka? Berikut diantaranya:

1. Orang Mati Syahid

Orang yang mati dalam keadaan syahid, Allah beri jaminan untuk memasuki surganya. Dimana mati syahid sendiri adalah seorang muslim yang berperang dan berjuang mati-matian demi membela kebenaran, mempertahankan hak dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. 

Nabi SAW bersabda: ''Orang yang mati syahid disisi Allah mempunyai enam keutamaan; dosanya akan diampuni sejak awal kematiannya, diperlihatkan tempat duduknya disurga, dijaga dari siksa kubur, diberi keamanan dari ketakutan yang besar saat dibangkitkan dari kubur, diberi mahkota kemuliaan yang satu permata darinya lebih baik dari dunia seisinya, dinikahkan dengan tujuh puluh dua bidadari dan beri hak untuk memberi syafaat kepada tujuh puluh orang dari keluarganya.'' (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2. Budak yang Taat Beribadah

Sejatinya setiap manusia itu sama saja dimana Tuhan, baik budak dan manusia merdeka sama-sama punya tempat disisi-Nya jika mereka beriman. Bahkan budak yang taat sama majikannya, dan rajin beribadah pada Allah disebut merupakan golongan pertama yang akan masuk surga. 

3. Orang Fakir yang Engan Minta-minta

Tangan yang diatas (memberi) selalu lebih baik daripada tangan dibawah (minta-minta), selama nafas masih berhambus dan badan masih bisa bergerak umat islam dianjurkan untuk bekerja daripada harus menunggu belas kasihan dari orang lain. 

Orang miskin yang tidak mau minta-minta tidak hanya lebih terhormat dimata manusia, tapi disisi Allah mereka punya tempat tersendiri. Dan kelak merekalah golongan pertama yang akan menginjakkan kaki disurga.

Nabi SAW bersabda: ''Penghuni surga itu ada tiga macam (yaitu); penguasa yang berlaku adil, jujur dan dikaruniai taufik, yakni pertolongan Allah untuk melaksanakan perintah-perintah-Nya dan menjauhi larangan-larangan-Nya, seorang penyayang dan lemah lembut kepada kerabatnya dan kepada sesama muslim dan seorang fakir yang menahan diri dari meminta-minta, meskipun ia mempunyai keluarga banyak yang harus dinafkahi.'' (HR. Muslim).

Post a Comment for "3 Golongan yang Pertama Kali Menginjakkan Kaki Di Surga Allah"