Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MasyaAllah, 7 Bukti Islam Mengangkat Derajat Perempuan Menurut Al-Quran dan Hadist

MasyaAllah, 7 Bukti Islam Mengangkat Derajat Perempuan Menurut Al-Quran dan Hadist
Images: Pixabay
Meski terlihat lemah dan tidak sekuat laki-laki, perempuan memiliki keistimewannya sendiri. Bahkan dalam islam perempuan sangat dimualikan dan memiliki kelasnya sendiri dibanding laki-laki. Dimana imam (suami) berada satu tingkat diatas perempuan, maka pada dasarnya perempuan memiliki hak khusus dimana dia harus dimuliakan. 

Mengenai keistimewaan perempuan sudah banyak dijelaskan dalam Al-qu'an dan berbagai penggalan hadist: Rasulullah SAW bersabda, ''Peremuan berjenis manusia asal dunia lebih utama daripada para bidadari surga 70.000 kali lipat.'' 

Dari hadist diatas bisa dibayangkan betapa tingginya derata seorang perempuan dimata Allah. Bahkan tidak hanya itu, masih banyak keistimewaan perempuan yang harus diketahui. Berikut diantaranya:

1. Kodrat yang Harus Dilindungi

Tidak hanya dalam kehidupan sehari-hari, dalam agama islam seorang wanita memang harus dilindungi oleh sesorang yang sudah mahram. Kewajiban ini tertulis dalam surat An-nisa Ayat 34.

Allah berfirman: ''Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (isteri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempua), dan karena mereka (laki-laki) telah memberi nafkah dari hartanya.'' (QS. An-Nisa): 34)

2. Diturunkan Surat An-Nisa

Diturunkannya Surat An-nisa merupakan bukti bahwa wanita itu mulia menurut pandangan islam, bahkan khusus dalam satu jus Al-qur'an hanya membahas perihal perempuan. yang dalam surat tersebut lebih banyak membicarakan hal-hal yang berhubungan dengan wanita. Seperti hak-hak dan kewajiban, dan kisah-kisah perihal perempuan. 

3. Perhiasan Dunia

Dalam diri wanita terdapat berbagai macam keindahan yang sangat dimuliakan dalam islam. Bahkan wanita disebut-sebut sebagai perhiasan dunia yang paling berharga, dan tidak sembarang orang bisa menyentuhnya.

''Dunia ini adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah.'' (HR. Muslim, Nasa'i, Ibnu Majah dan Ahmad)

4. Masuk Surga Lewat Pintu Manapun

Allah akan mempersilahkan wanita pilihan untuk masuk kedalam surganya lewat pintu manapun yang mereka mau. 

''Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan mentaati suaminya; niscaya akan dikkatakan padanya: ''Masuklah ke dalam surga dari manapun yang kau mau.'' (HR. Ahmad)

5. Kemuliaan Diatas Laki-laki

Wanita kalau sudah bertaqwa pada ada Allah, dan diberi kanikmatan ilmu kemuliaannya akan jauh diatas laki-laki. Dari sudut pandang Allah dan manusia bahwa wanita shalihah itu jauh lebih baik dari 70 orang pemuda yang bertaqwa/shaleh.

6. Hamil dan Melahirkan Setara Dengan Jihad

Untuk mendapatkan pahala jihad seorang wanita tidak harus mengangkat pedang dan perperang dijalan Allah. Sebab, hamil dan melahirkan juga merupakan jihad yang butuh pengorbanan luar biasa. 

''Mati syahid ada 7 selain yang terbunuh di jalan Allah. Orang yang mati karena thaun, orang yang mati tenggelam, orang yang mati karena ada luka parah di dalam perutnya, orang yang ati karena sakit perut, orang yang mati terbakar, orang yang mati karena tertimpa benda keras, dan wanita yang mati sementara ada janin dalam kandungannya.'' (HR. Abu Daud 3111 dan dishahihkan al-Albani). 

7. Surga Terletak Ditelapak Kakinya

Ini merupakan keistimewaan yang sangat luar biasa bagi kaum perempuan, dimana setelah bergelar sebagai ibu surga berada dibawah telapak kakinya. dan tidak akan masuk surga seorang anak jika menyakiti hati ibunya. 

Nabi SAW bersabda: ''Surga di bawah telapak kaki ibu. Siapa yang dikehendaki (diridhai) para ibu, mereka bisa memasukkannya (ke surga); siapa yang dikehendaki (tidak diridhai), mereka bisa mengeluarkannya (dari surga). ''

Itulah beberapa keistimewaan perempuan menurut pandangan agama islam. 

Post a Comment for "MasyaAllah, 7 Bukti Islam Mengangkat Derajat Perempuan Menurut Al-Quran dan Hadist"