Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Ciri-ciri Orang Munafik yang Harus Diwaspadai Menurut Islam

7 Ciri-ciri Orang Munafik yang Harus Diwaspadai Menurut Islam
Images: Pixabay
Sifat munafik seringkali tidak kita sadari, mengingat betapa licik dan samarnya sifat yang satu ini bersarang dalam diri manusia. Kadang ada orang dengan sifat baik dan tutur kata yang sopan, namun siapa yang mampu menyelami sampai dalam dan mengetahui apakah hatinya sebaik itu. Itulah kenapa kadang sulit untuk menyimpulkan sifat munafik. 

Namun, dalam Al-qur'an sudah dijelaskan ciri-ciri orang munafik agar siapa saja yang membaca dan memahaminya bisa terhindar dari sifat tercela ini. Berikut ciri-ciri orang munafik yang perlu diwaspadai.

1. Berdusta

Tanda-tanda orang munafik yang pertama ialah orang yang pandai berdusta. Berdusta adalah sifat tercela yang dibenci manusia atau agama manapun, termasuk dalam agama islam juga sangat dilarang untuk melakukan perbuatan yang satu ini. 

''Tanda orang munafik itu ada tiga, apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji ingkar, dan jika dipercaya mengkhianati.'' (HR. Bukhari).

2. Berkhianat

Banyak orang yang sengaja berhianat pada sesuatu yang telah dipercayakan kepadanya, padahal dalam islam sudah dijelaskan betapa buruknya sifat yang satu ini. Selain itu, orang yang sering berkhianat juga termasuk dalam golongan orang munafik. 

Dalam surah An Anfal ayat 27: ''Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan juga janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.''

3. Ingkar Janji

Janji adalah hutang yang harus ditepati, jadi tidak ada alasan apapun yang bisa menawar janji yang terlanjur terucap. Karena hanya orang munafiklah yang dengan entengnya mengingkari janji.

Rasulullah SAW bersabda: ''Barang siapa yang tidak menepati janji seorang muslim, maka dia mendapatkan laknat Allah, dan seluruh manusia. Tidak diterima darinya taubat dan tebusan. ''(HR. Bukhari, 1870, dan muslim, 1370).

4. Bermuka Dua

Orang yang bermuka dua ialah orang yang tidak punya pendirian tetap dan mudah berubah-ubah. Tidak hanya itu orang bermuka dua memiliki arti munafik, tidak jujur, palsu dan juga pembohong. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: ''Manusia yang paling buruk adalah yang bermuka dua, yang mendatangi suatu kelompok dengan muka tertentu dan mendatangi yang lainnya dengan muka yang lain.''

5. Riyak

Riyak bisa diartikan sebagai orang yang gemar melakukan kebaikan hanya untuk mendapatkan simpati, atau sengaja pamer kebaikan demi mendapatkan pujian dari manusia bukan semata-mata karena Allah. 

Dalam surat An-Nisa ayat 142: ''Sesungguhnya orang-orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allahlah yang menipu mereka. Apabila mereka berdiri untuk shalat, mereka lakukan dengan malas. Mereka bermaksud riya (ingin dipuji) dihadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikiti sekali.''

6. Mempercepat Shalat

Shalat adalah salah satu cara kita berkomunikasi dengan Tuhan alam semesta, sangat dianjurkan untuk khusuk saat melakukan shalat. Lepaskan sejenak urusan duniawi ketika sedang malaksanakan shalat, jangan buru-buru ingin menyudahinya.

Dalam salah satu hadit Nabi SAW: ''Itulah shalat orang munafik. (yaitu) dia menunggu matahari sampai terbenam kemudian dia berdiri (untuk shalat asar), lalu mempercepat (tanpa ada rasa khusuk sedikitpun) empat rakaat, tanpa mengingat Allah di dalamnya kecuali sedikit sekali.''

7. Dengki

Dengki adalah bentuk kebusukan hati terhadap nikmat yang diberikan Allah untuk orang lain. Hatinya sakit ketika melihat orang mendapat kesenangan, dan gembira ketika orang lain dalam kesusahan. Itulah ciri-ciri orang munafik.

Nabi SAW bersabda: ''Jauhilah hasad (dengki), karena hasad dapat memakan kebaikan seperti api memakan kayu bakat.'' (HR Abu Dawud)

Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung.

Post a Comment for "7 Ciri-ciri Orang Munafik yang Harus Diwaspadai Menurut Islam"