Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Balasan Pedih Bagi Orang Zalim Menurut Islam dan Hadistnya

7 balasan pedih bagi orang zalim menurut islam dan hadistnya
Images: muslimobsession.com
Perbuatan zalim adalah melakukan sesuatu yang tidak wajar dari apa yang telah digariskan Allah dan Rasul-Nya sehingga merugikan orang lain. Selain merugikan orang lain, perilaku zalim juga merugikan diri sendiri.

Seperti yang tertulis dibeberapa hadist ada banyak balasan pedih bagi mereka yang berbuat zalim. ''Hindari kezaliman, karena kezaliman itu adalah mendatangkan kegelapan pada hari kiamat kelak! jauhi kekikiran, karena kekikiran itu telah mencelakakan (menghancurkan) orang-orang sebelum kalian yang menumpahkan darah dan menghalalkan yang diharamkan.'' (HR Muslim)

Membaca hadist diatas sudah jelas bahwa perbuatan zalim sangat dilarang dalam islam. Lalu apa saja balasan bagi mereka yang berbuat zalim? Berikut diantaranya:

1. Kegelapan Dihari Kiamat

Seperti yang tertulis dalam Alqur'an bahwa setiap yang bernyawa pasti akan dibangkitkan kembali pada hari kiamat. dan dihari kiamat semua akan mendapatkan ganjaran masing-masing, salah satu balasan bagi orang yang zalim adalah berupa kegelapan tanpa cahaya.

Nabi SAW bersabda: ''Jangan melakukan ketidakadilan, karena ketidakadilan adalah kegelapan dihari kiamat.''(Muslim)

2. Termasuk Dosa Besar

Jangan merasa hebat karena menyakiti saudara sendiri, menyerang mereka secara fisik dan mental tanpa sedikitpun rasa iba. 

Tindakan seperti ini juga  merupakan salah satu dosa besar, dan ini merupakan bencana bagi yang melakukannya. 

3. Kutukan Allah

Celakalah bagi orang berbuat zalim, karena perilaku ini juga merupakan kutukan dari Allah. 

Allah mengatakan dalam Al-qur'an. ''Sungguh syirik adalah dosa besar dan ketidakadilan'' dan ''Kutukan Allah ada di atas orang-orang yang zalim.''

4. Tidak Dapat Pertolongan

Banyak disebutkan dalam Al-qur'an tentang larangan menzalimi orang lain, atau menggiring orang lain untuk berbuat zalim. Sebab tidak hanya dosa besar, pelaku perbuatan zalim juga sulit untuk mendapat pertolongan baik dari Allah atau mahluknya.

''Dan janganlah condong kepada orang-orang yang berbuat salah, jangan sampai kamu tersentuh oleh api, dan kamu tidak akan memiliki selain Allah pelindung apapun: maka anda tidak akan dibantu.''(Hud: 113)

5. Celaka

Mungkin kamu merasa puas dengan apa yang telah kamu lakukan terhadap orang lain. Namun hati-hati, saat orang yang kamu zalimi tidak membalas dan malah berdoa dan bersujud pada Tuhannya, maka kamu dalam masalah.

''Dan berhati-hatilah terhadap doa orang yang terzalimi, karena tidak ada penghalang antara doanya dengan Allah.'' (H.R. Bukhori dan Muslim.''

6. Dijauhi Masyarakat

Sebagai mahluk yang penuh dengan kekurangan kita tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Sehebat apapun dan sekaya apapun tetap sewaktu-waktu kamu butuh tangan orang-orang sekitar. dan ketika orang mengenalmu dengan watak yang buruk dan sering menzalimi orang lain, siapa nanti yang akan membantumu berdiri saat terjatuh.

7. Tidak Dapat Hidayah

Sulitnya hidayah datang menghampiri mungkin saja kamu terlalu banyak mendzalimi saudara sendiri. Sebab, hidayah tidak akan masuk pada hati yang ditutupi kedengkian dan dipenuhi kegelapan. 

Jika mengharapkan hidayah dari Allah, lembutkan hatimu dan hendaklah berbuat baik antar sesama. Niscaya hidayah akan lebih mudah kamu dapatkan. 

Itulah balasan bagi orang yang berbuat zalim. Semoga kita termasuk dalam golongan hamba-hamba yang selamat. 

Post a Comment for "7 Balasan Pedih Bagi Orang Zalim Menurut Islam dan Hadistnya"