Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Adab Berteman yang Baik Menurut Islam

6 Adab Berteman yang Baik Menurut Islam
Images: Pixabay
Teman adalah salah satu sosok penting dalam hidup kita, mereka selalu ada membantu dan siap pasang badan ketika ada yang menyakiti kita. Bahkan terkadang kebaikan mereka bisa melebihi saudara kandung. Untuk itu, Salah satu hubungan sosial yang harus kita jaga adalah pertemanan. 

Dalam islam ada beberapa adab yang perlu kita ketahui dalam lingkup perteman. Apa aja itu? Berikut adab berteman yang baik dalam islam.

1. Mengucap Salam

Meskipun dimata dunia kamu memiliki kedudukan lebih tinggi dari orang lain, jangan sungkan-sungkan untuk memberi salam ketika bertemu atau berpapasan. Sebab, mengucap salam itu penting, lebih-lebih dalam lingkup pertemanan. 

Lebih dulu mengucap tidak akan membuatmu lebih rendah, dan jangan ragu untuk melakukanya. Karena pertemanan yang baik itu mampu menempatkan diri dengan tidak menganggap orang lain lebih rendah dari darimu sendiri.

Sebagaimana dalam hadits dari Abu Hurairah Radhiallahu'anhu, Nabi SAW bersabda: ''ucapkan salammu kepada orang-orang jika bertemu mereka, jika mereka membalasnya, maka Malaikat pun membalas salam untukmu dan untuk mereka, namun jika mereka tidak membalasnya, maka malaikat akan membalas salam untukmu, lalu malah melaknat mereka atau mendiamkan mereka.''

2. Bergaul Dengan Orang Mukmin

Teman adalah salah satu orang yang paling dekat dan punya potensi besar untuk mempengaruhi watak dan karakter kita nantinya. Untuk itu, pastikan bahwa kamu benar-benar bergaul dengan orang yang tepat jangan asal-asalan.

Dari Abu Sa'id Al Khudri radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Nabi SAW Bersabda: ''Jangan engkau bergaul kecuali dengan seorang mukmin. Jangan memakan makananmu melainkan orang bertaqwa,'' (HR,Abu Daud no.4832 dan Tirmidzi no. 2395.)

3. Ramah

Seseorang yang memiliki sikap ramah tamah menunjukkan bahwa ia mengakui dan menghargai martabat orang lain. dan beriskap ramah merupakan adab penting dalam pertemanan. 

Sebab, pertemanan yang indah itu dimana tidak ada dinding pembatas antara satu sama lain, tetap beramah tamah sekalipun lagi ada prablem. Dengan demikian akan terjalin keakraban yang tulus tanpa adanya maksud tertentu.

4. Selalu Berkata Baik

Sekalipun sudah akrab, hendaklah menggunakan perkataan yang baik ketika berbicara dengan teman. Berkomunikasi dengan tutur kata yang lembut, jangan mengatakan sesuatu yang kamu sendiri tidak suka jika orang lain mengatakannya padamu.

Nabi SAW bersabda: ''Mukmin yang paling baik imannya adalah mukmin yang paling baik akhlaknya.'' (HR Abu Daud no. 4682 dan at-Tirmidzi no. 1163. (ash-shahihah no.284)

5. Tidak Memotong Pembicaraan

Ini paling sering terjadi dilingkungan sekitar, dimana saling berebut untuk mengutarakan pendapat padahal orang lain belum selesai berbicara. Padahal, memotong pembicaraan seseorang merupakan perbuatan tidak sopan dan terkesan tidak menghargai orang lain. 

Rasulullah bersabda: ''Jika engkau mengatakan 'diamlah' kepada orang-orang ketika mereka sedang berbicara, sungguh engkau mencela dirimu sendiri.'' (HR. Ahmad 2/318, dishahihkan Al-Albani dalam Silsilah Ash Shahihah 1/328)

6. Menjaga Rahasia

Ketika seseorang teman sudah berani menceritakan rahasia padamu berarti dia sudah memberimu kepercayaan untuk menjaga rahasianya. Jangan nodai kepercayaan tersebut dengan mengumbar cerita dan rahasianya pada orang lain. 

Selain itu, cerita yang disampaikan juga merupakan amanah yang harus kamu jaga sebaik mungkin. ''Jika seseorang menceritakan suatu peristiwa kemudian ia berpaling, maka cerita itu menjadi amanah.''(HR At-Turmudzi dari jabir bin Abdulllah). 

Post a Comment for "6 Adab Berteman yang Baik Menurut Islam"