Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal Dijalani Dengan Sehat, Inilah Manfaat Pacaran Bagi Fisik dan Mental

Asal Dijalani Dengan Sehat, Inilah Manfaat Pacaran Bagi Fisik dan Mental
Images: Pixabay
Banyak sekali yang mengklaim bahwa pacaran lama-lama itu tidak baik, seperti hanya buang-buang waktu, dan akan ada pihak yang nantinya akan dirugikan. Statement seperti itu tidak sepenuhnya benar, karena pacaran ada juga manfaatnya.

Tidak hanya sebagai status, pacaran dengan orang yang tepat ternyata juga bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Berikut manfaat pacaran bagi fisik dan mental.

1. Mengurangi Stres

Melewati hari-hari dengan orang tersayang dapat membuatmu merasa lebih ceria dan bahagia. Tidak hanya melupakan masalah sejenak, perasaan tersebut juga bisa megatasi stres yang ada. 

Tidak hanya itu, melakukan sentuhan secara fisik seperti memeluk dan berpegangan tangan juga mampu menurunkan kadar hormon penyebab pikiran jadi stres.

2. Membuat Panjang Umur

Orang yang terlibat dalam hubungan yang romantis akan selalu merasa bahagia, sehingga mereka memiliki kesempatan untuk hidup lebih lama. 

Sebab, fenomena seperti ini mempunyai kaitan dengan berkurangnya melakukan aktifitas yang buruk demi pasangan, seperti mengkonsumsi minuman beralkohol dan merokok.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

Merasa ada yang mencintai dan tulus menerima segala kekurangan yang ada, membuatmu lebih percaya diri untuk melakukan apapun. Kepercayaan diri yang meningkat akan sangat berguna untuk keberlangsungan karir dan sosialmu terhadap lingkungan.

Selain itu, kamu juga bisa lebih menghargai, bersyukur dan memandang diri sendiri lebih postif lagi.

4. Lebih Mengenal Pasangan 

Manfaat dari pacaran adalah lebih mengenal watak dan kepribadian pasangan sebelum menuju jenjang yang lebih serius, pernikahan misalnya. Sebab, tak sedikit pasangan yang baru menikah sudah menyerah karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan pasangan. 

Karena menikah adalah komitmen seumur hidup, maka penting bagi kalian saling mengenal satu sama lain.

5. Mengatasi Kesepian

Dalam kesendirian seringkali kita merasa kesepian, hal seperti ini bisa menyebabkan daya tahan tubuh melemah, sehingga rentan terserang penyakit. Bahkan kesepian yang berlarut-larut juga bisa membuat seseorang mengalami depresi.

Dengan memiliki orang yang istimewa kamu bisa punya tempat untuk berbagi, sehingga bisa mengatasi kesepian yang kamu rasakan.

6. Menyehatkan Jantung

Percaya atau tidak, jatuh cinta menyebabkan otak melepaskan hormon dopamin dan adrenalin yang membuat jantung berdetak lebih cepat sebagai respon terhadap emosi. 

Karena seringnya jatung berdetak lebih kencang, secara tidak sengaja hal itu memberikan jantung latihan yang sehat.

7. Hidup Lebih Bahagia

Tidak salah jika banyak orang menganggap bahwa jatuh cinta bisa membuat hidup berkali-kali lipat lebih bahagia. Kekuatan cinta bisa mengalahkan kekuatan uang yang selama ini dianggap sebagai solusi kebahagian seseorang. 

Seperti yang tercatat dalam Journal Of  Family Psychology, bahwa kebahagian tergantung pada kualitas hubungan daripada tingkat pendapatan atau hal lain yang berkaitan dengan finansial.

Itulah beberapa manfaat pacaran bagi fisik dan mental. Pacaran tidak akan rugi jika dijalani dengan sehat.



Post a Comment for "Asal Dijalani Dengan Sehat, Inilah Manfaat Pacaran Bagi Fisik dan Mental"