Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Hidup Berdampingan Dengan Ipar

Saat kamu telah memutuskan menikah dengan pasangan, kamu tidak hanya dituntut untuk membangun relasi dengan pasangan dan mertua, tapi juga dengan saudara iparmu.

Mungkin benar ipar adalah maut, karena banyak sekali pernikahan bermasalah karena tidak akur dengan ipar. Memang sih tiba-tiba hadir ditengah keluarga pasangan itu susah untuk akrab, apalagi kita berbeda secara budaya dan latar belakang.

Ada baiknya kamu belajar bagaimana cara hidup berdampingan dengan ipar, hitung-hitung mengurangi konflik yang mungkin akan terjadi nantinya.

1. Beri Mereka Pujian

Ketika iparmu berhasil melakukan sesuatu jangan pelit untuk memujinya, berilah pujian meskipun menurutmu itu biasa saja. 

Tunjukkan rasa perdulimu sebagai sosok ipar yang baik, karena dengan pujian mereka akan lebih merasa dihargai. 

2. Mau Membantu

Ketika iparmu lagi butuh bantuan jadilah penolongnya, misalkan kalau lagi curhat, dengarkan, cerna dengan baik kemudian kasih jalan keluar. 

Dengan dimikian dia akan menaruh kepercayaan kepadamu, dan hubungan baik itu akan mengalir.

3. Jangan Suka Ikut Campur

Jika tidak diminta jangan mudah mencampuri urusan mereka, meskipun hubungan terjalin baik kadang mereka juga punya privasi yang tidak ingin kamu mengetahuinya.

Pandai-pandailah mengetahui batas apa saja yang perlu kamu ketahui, dan mana yang tidak.

4. Jaga Ucapanmu

Kadang tanpa sadar kita sering mengucapkan kata yang menyinggung hati orang lain, termasuk ipar. Untuk itu, jagalah ucapan yang sekiranya dapat menyinggung perasaan, apalagi mereka punya usia yang lebih tua darimu. 

5. Jangan Pelit

Saudara pasangan adalah saudara kita juga, jadi jangan pelit untuk memberi sesuatu pada mereka. Misalkan ada rezeki lebih belikan mereka hadiah, atau mereka butuh bantuan keuangan bantulah sebisa mungkin. 

6. Komunikasi yang Baik 

Untuk menjalin hubungan yang akrab dengan ipar salah satunya dengan komunikasi yang baik, di era modern ini kita bisa memanfaat media sosial untuk mengikat tali persaudaraan. Misalkan, ikuti laman istagram dan facebooknya, berilah komentar atau emoji yang bijak.

Itulah 6 cara agar akrab dengan ipar yang bisa anda terapkan 


Post a Comment for "6 Cara Hidup Berdampingan Dengan Ipar"