Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Alasan Kenapa Bercerai Lebih Baik

Pernikahan merupakan pelabuhan terakhir dari dua isan yang saling mencinta. Doa dan harapan dari pasangan yang menikah selain beribadah juga ingin bahagia dan dilakukan sekali seumur hidup. Namun tidak semua pernikahan itu bisa berjalan mulus tanpa adanya bumbu perselisihan didalamnya.

Alih-alih ingin menggapai pernikahan yang bahagia, justru terkadang kita dihadapkan dengan beragam persoalan yang membuat kita serba salah dalam menentukan pilihan. Bertahan atau menyudahi rumah tangga yang sudah tak bahagia lagi.

Namun mau tidak mau kamu harus memilih, karena hubungan yang rusak dan sudah tak bisa diperbaiki lebih baik diakhiri saja, karena itu merupakan jalan terbaik untuk menghindari hal yang lebih parah lagi.

Berikut beberapa alasan kenapa berpisah lebih baik daripada bersama namun tidak bahagia.

1. Perceraian bukanlah aib yang harus malu ketika terjadi

Kadang kita terlalu memperdulikan pemikiran orang lain terhadap kita. Itulah alasan mengapa kebanyakan dari kita menganggap perceraian merupakan aib dan momok yang menakutkan, takut dicibir, takut dikatakan gagal dalam membangun rumah tangga.

Padahal mereka cuma lihat luarnya saja tidak paham apa yang kita rasakan dan alami.

2. Jangan jadikan anak sebagai alasan untuk terus bertahan dalam hubungan yang sudah tidak bahagia

Alasan yang sering kita dengar adalah bertahan demi anak, demi masa depan anak, demi mental anak. Padahal tidak seperti itu, justru anak-anak yang tumbuh ditengah keluarga broken home punya peluang besar mengalami trauma dan cenderung memiliki mental yang sangat buruk. Sebab, mereka tidak mendapatkan contoh keluarga yang utuh dan saling menyayangi. 

Jadi bukan alasan yang tepat jika kamu menjadikan anak sebagai alasan bertahan dalam hubungan yang beracun.

3. Masih bisa membesarkan anak bersama-sama meski sudah bercerai

Walaupun sudah pisah sebenarnya masih bisa bahu-membahu dalam hal mendidik anak. Karena yang namanya anak tetaplah anak, yang harus tetap kamu dampingi.

Belajar mendewasa, kamu boleh punya persoalan dengan mantan pasanganmu, tapi jangan sampai anak-anak kamu jadikan korban dari keegoisan masing-masing.

4. Anak-anak tetap tetap bisa mendapatkan kebahagiaan yang sama sekalipun orang tuanya berpisah

Sekalipun kamu punya konflik dengan pasangan tapi yang namanya anak tetaplah anak, gak ada mantan anak. Jadi kedua belah pihak tetap punya tanggung jawab yang sama terhadap mereka.

Sekalipun sudah pisah tetaplah berkomitmen untuk urusan anak, jadi anak tetap mendapatkan kebahagiaan yang sama dan tidak kekurangan kasih sayang dari kedua orang tuanya.

5. Sudah saatnya kamu memikirkan kebahagiaan kamu sendiri

Jika bersamanya kamu tidak bahagia, dan sudah berkorban segalanya tanpa memikirkan diri sendiri. Sekarang sudah saatnya kamu memikirkan hal itu, bagaimana bisa mencintai orang lain seutuhnya jika kamu tidak mencintai diri sendiri.? 

Mencintai diri sendiri juga sama dengan mengajarkan pada anak-anak untuk tidak egois, karena setiap orang berhak untuk bahagia.

Itulah beberapa alasan kenapa kadang berpisah lebih baik, daripada bertahan dalam hubungan yang sudah tidak membuatmu bahagia.

Post a Comment for "5 Alasan Kenapa Bercerai Lebih Baik"