Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Obat Alami Telinga Bernanah


Gangguan seperti telinga bernanah jangan dianggap remah, selain menimbulkan bau yang tidak sedap, infeksi pada telinga juga bisa mengganggu indra pendengaran. Jika tidak segera ditangani dengan baik bukan hal mustahil akan menyebabkan infeksi menahun. 

Berikut kami berbagi tips bagaimana cara mengobati infeksi telinga dengan menggunakan bahan alami

1.
Daun Kemangi

Siapa sangka daun yang sering kita gunakan sebagai lalapan akan memiliki peran penting untuk mengobatan alternatif. Tumbuhan ini sangat mudah kita temui, baik dipekarangan rumah atau dipasar-pasar.

Caranya: 
Ambil daun kemangi secukupnya, cuci hingga bersih lalu di lumatkan hingga benar benar halus. Kemudian bubuhkan lumatan tersebut pada bagian telinga yang mengalami infeksi.

2. Bawang Putih

Khasiat bawang putih memang tak bisa diragukan lagi, bahan yang sangat akrab dengan dapur ini juga sangat cocok untuk mengobati telinga bernanah.

Caranya: 
Ambil satu siung bawang putih tumbuk sampai halus, peras dan ambil airnya. Air perasan tadi cukup teteskan pada telinga yang bermasalah Minimal 3 dalam sehari secara rutin. 

3. Garam Hangat

Selain untuk bumbu masakan, garam juga bisa untuk mengatasi telinga bernanah.

Caranya: 
Ambil garam halus yang sudah di panaskan dengan microwave selama beberapa saat, kemudian letakkan disapu tangan yang lembut, dan ikat sekencang mungkin. 

Nah buntalan ini nantinya dijadiin kompres pada telinga yang bermasalah.

4. Lidah Buaya

Siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini,? sering sekali kita temui tertata rapi di pot- pot dihalaman rumah. Selain bermanfaat untuk rambut, tanaman ini juga bisa menjadi salah satu obat trasional untuk mengatasi telinga infeksi atau bernanah.

Caranya: 
Ambil dan kupas kulit luarnya kemudian ambil dagingnya, diumat hingga halus. Selanjutnya dibubuhkan pada telinga yang bermasalah, lakukan secara rutin supaya mendapatkan kesembuhan yang memuaskan.

5. Daun Bandotan

Siapa nyangka tumbuhan yang terasing ini juga merupakan obat herbal bagi telinga bernanah.

Caranya:
Ambil pucuk daun bandotan yang segar. Cuci terlebih dahulu kemudian haluskan, peras dan ambil airnya. Air perasan tadi cukup anda gunakan untuk di jadikan obat tetes telinga. 

Semoga bermamfaat.