Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menghilangkan Trauma Tanpa Didampingi Ahli

5 Cara Menghilangkan Trauma Tanpa Didampingi Ahli
Images: Pixabay
Trauma adalah pengalaman menyakitkan masa lalu yang sakitnya kerasa sampai sekarang, ini adalah masalah yang paling sering terjadi pada seseorang yang tidak mampu melepaskan diri dari luka masa lalu.

Tidak dipungkiri, orang yang tidak pernah merasakan yang namanya trauma cenderung menyepelekan kasus yang satu ini, dan mengganggapnya cuma lebay semata. Padahal kalau gampang untuk sembuh ngapain menderita sampai hari ini. 

Namun, susah bukan berarti tidak bisa. Berikut ini cara menyembuhkan trauma tanpa didampingi para ahli.

1. Ceritakan Pada Orang Terpercaya

Sebagian orang mungkin merasa tidak enak dan malu untuk menceritakan sesuatu yang membuatnya trauma, entah dia menganggapnya aib atau hal pribadi yang mau dia disimpan sendiri. 

Namun, jangan lakukan itu jika kamu ingin terlepas dari bayang-bayang masa lalu, beban yang terpendem perlu penyaluran. Carilah orang terdekat yang bisa kamu ajak bicara untuk berbagi, bisa teman, pasangan atau keluarga.

2. Sabar dan Ikhlas

Ketika mengalami trauma yang mendalam ada perasaan menyesal dan sikap menyalahkan diri sendiri sangat besar. Kondisi seperti ini rentan membuat seseorang nekad melakukan sesuatu yang tidak terduga-duga, seperti menyakiti diri sendiri. 

Untuk itu, bersabarlah dan ikhlaskan semuanya. Luka batin itu akan sembuh seiring berjalannya waktu.

3. Rutin Olahraga

Olah raga tidak hanya menyehatkan badan, tapi juga bisa mengobati luka batin yang terus menyiksamu. Para ahli juga sepakat bahwa cara ini cukup ampuh untuk mengatatasi traumatis dan mengurangi stres. 

Untuk tahap awal tidak perlu olahraga yang berat-berat dulu, cukup berjalan santai atau joging pada pagi hari.

4. Perawatan Diri

Jika selama ini waktumu cuma dihabiskan untuk menangisi masa lalu, mulai sekarang berhenti dan mulailah untuk mencintai diri sendiri. Misalkan dengan melakukan 'me time',mandi dengan waktu lebih lama, ke salon atau melakukan akivitas yang kamu sukai.

Cara ini cukup ampuh agar fokusmu teralihkan, yang tadinya cuma mikiran luka masa lalu jadi sibuk dengan hal-hal yang bermanfaat.

5. Hadapi Dengan Berani

Serunyam apapun masalah yang tengah melanda hadapilah, karena menghindar hanya akan membuat masalah itu kian menumpuk dan lama-lama akan semakin sulit ditangani. 

Hadapi dengan berani dan pecaya bahwa kamu akan mampu melaluinya. Tidak ada masalah yang tidak bisa ditangani, begitu juga dengan trauma yang kamu alami.

Post a Comment for "5 Cara Menghilangkan Trauma Tanpa Didampingi Ahli"