Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-ciri Teman yang Harus Dijauhi

Ciri-ciri Teman yang Harus Dijauhi
Images: Int
Mencari teman itu tidak terlalu susah, kita bisa memilih mau berteman dengan siapa. Namun tidak semua yang mendekat layak untuk dijadikan teman, apalagi untuk ditempatkan sebagai orang kepercayaan. 

Karena bagaimanapun yang namanya lingkup pertemanan sangat berpengaruh pada kepribadian seseorang. Itulah kenapa kita tidak boleh sembarangan dalam berteman. Berikut ciri-ciri teman yang harus dijauhi.

1. Suka Memanfaatkan Orang Lain

Ketika kamu menempatkan seseorang untuk menjadi teman tentu sudah tau karakter dia seperti apa, baik buruknya dan empeti dia terhadap orang lain. Jika dia punya karakter suka memanfaat orang lain demi kepentingannya sendiri sebaiknya kamu jauhi orang semacam itu. 

Sebab sewaktu-waktu bukan tidak mungkin kamu sendiri yang akan menjadi target untuk dimanfaatkan.

2. Gosip Berlebihan

Dalam pertemanan menggosip rasanya bukan hal yang tabu, bahkan saking familiarnya dimana ada kumpulan disitulah biang gosip dimulai. Namun hati-hati jika punya teman yang menggosipnya sudah keterlaluan, apalagi sudah mengarah ke tahap fitnah. 

Orang semacam ini tidak segan untuk mengosipi siapapun, bahkan kamu sendiri yang katanya teman tidak menutup kemungkinan akan menjadi topik gosipannya.

3. Menyepelekan Hutang

Hutang adalah mata pisau yang bisa memutus tali silaturahmi, tidak terkecuali dalam hubungan pertemanan. 

Kalau ada orang yang sengaja tidak mau bayar hutang itu artinya dia bukan orang baik, tidak baik untuk dijadikan saudara, pasangan apalagi teman. 

4. Datang Kalau Butuh Doang

Teman itu identik dengan prinsipnya yang ''Susah senang harus bersama.'' Jadi, kalau ada orang yang datang saat butuh doang itu tidak pantas untuk dijadikan teman. Mereka cuma mau mendekat saat kita masa jaya, saat kita terpuruk hilang entah kemana.

5. Tidak Suka Melihat Teman Bahagia

Sejenis penyakit hati yang tidak bisa melihat teman bahagia, tidak ikhlas melihat kehidupan temannya lebih enak daripada kehidupannya. 

Padahal, sebagai teman sudah sepantasnya untuk mensuport apapun pencapaian yang berhasil diraih, bukan malah mengutuk 

6. Menjerumuskan

Sedikit banyaknya yang namanya pergaulan sangat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang, jadi jangan heran jika melihat anak yang dulunya alim tiba-tiba berubah drastis. Perubahan itu bisa terbentuk tergantung dengan siapa dia bergaul. 

Pandai-pandailah mengamati situasi, jika bersama dia kamu merasa lebih baik pertahankan, namun jika makin terjerumus kedalam pergaulan yang gak sehat sebaiknya dihindari.


Post a Comment for "Ciri-ciri Teman yang Harus Dijauhi"