Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Bekal Wanita Sebelum Menikah Menurut Islam, Agar Berkah dan Langgeng

6 Bekal Wanita Sebelum Menikah Menurut Islam, Agar Berkah dan Langgeng
Images: Pixabay
Menikah merupakan keputusan besar yang harus dipikirkan dengan matang, karena yang namanya berumah tangga tidak akan dilalui satu atau dua bulan, melainkan sekali seumur hidup. Untuk itu, butuh bekal dan persiapan yang benar-benar sempurna.

Tidak hanya laki-laki saja yang mempersiapkan segala sesuatunya, wanita juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Bukan hanya soal dekorasi dan segala pernak-pernik pesta, ada hal yang jauh lebih penting yang harus dipersiapkan wanita sebalum menikah. Berikut diantaranya:

1. Niat yang Matang

Dalam menghadapi berbagai fase dalam kehidupan ini tentu harus diawali dengan niat yang benar-benar matang, apalagi memasuki kehidupan yang bernama Rumah tangga. Dimana nanti kamu akan banyak menemukan hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah dirasakan. 

InsyaAllah, dengan niat akan melahirkan visi misi yang jelas mau dibawa kemana rumah tangga itu nantinya. 

2. Ketulusan

Selain niat, kamu harus benar-benar menerima apapun takdir yang akan kamu jalani dengan penuh ketulusan. Ketulusan dalam hal ini merupakana bukti betapa kamu sudah menyerahkan semua keputusan pada yang maha kuasa. 

Dengan ketulusan itu artinya kamu sudah benar-benar siap mengabdi pada suami lahir dan batin tanpa ada paksaan dari siapapun.

3. Ta'aruf

Ta'aruf merupakan pilihan yang tepat bagi muslimah yang ingin melangsungkan pernikahan, sebab pacaran hanya akan menjadi penyebab munculnya banyak fitnah, dan akan menjerumuskan pelakunya kedalam kesengsaraan.  

Ta'aruf sendiri bisa diartikan dengan pengenalan dua insan berlainan jenis untuk menuju jenjang pernikahan sesuai dengan ketentuan islam.

4. Sabar

Sabar memang sangat dibutuhkan dalam menghadapi kehidupan ini, lebih-lebih bagi kamu yang ingin membina rumah tangga. Kenapa harus sabar? karena setelah ini akan banyak hal yang benar-benar menguras emosi yang membuat kamu penat. 

Selain itu, pandai mengelola emosi akan membuat kamu lebih mudah dalam mengambil keputusan nantinya.

5. Memperbaiki Akhlak

Pernah dengar bahwa jodoh adalah cerminan diri sendiri? dalam islam pesan itu memang benar adanya, dan terbukti memang sudah terlihat dilingkungan sekitar. Orang yang baik akan Allah sandingan dengan orang yang baik pula, begitupun sebaliknya.

Itulah kenapa sebelum mendambakan pendamping yang ideal kita dianjurkan untuk memantaskan diri. 

6. Shalat Istikharah

Tidak dipungkiri, walaupun sudah lama kenal dengan calon suami seringkali ada berbagai macam keraguan dalam hati perempuan. Salah satunya takut salah pilih, takut gagal dan takut keputusan yang diambil terlalu cepat.

Laksanakan shalat istikharah, berdoa dan minta sama Allah agar dimantapkan hatinya dalam mengambil keputusan terbaik.

Itulah persiapan penting bagi perempuan yang ingin menikah. Semoga kita semua mempunyai rumah tangga yang Sakinah Mawaddah Warahmah.

Post a Comment for "6 Bekal Wanita Sebelum Menikah Menurut Islam, Agar Berkah dan Langgeng"