Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Contoh Dosa Jariyah Di Sosmed

4 Contoh Dosa Jariyah Di Sosmed
Dosa Jariyah
Jeratan dosa yang paling menakutkan adalah dosa jariyah, dosa yang akan terus mengalir meskipun nafas pelakunya sudah berhenti, dosa yang akan mengalir terus menerus meskipun pelopornya sudah tidak lagi mengerjakannya.

Rasullullah SAW bersabda: ''Siapa yang mengajak kepada kesesatan, maka dia mendapatkan dosa, seperti dosa orang yang mengikutinya, tidak dikurangi sedikitpun.'' (HR. Muslim)

Agar lebih berhati-hati. Berikut ini contoh dosa jariyah yang harus diketahui.

1. Membuat Tempat Maksiat

Menyebarkan Konten Ilegal
Images: Pixabay
Menjadi pelopor tempat maksiat dosanya akan tetap mengalir meskipun nafasnya telah berhenti berhembus. Semakin banyak orang yang menikmati kemaksiatan akan semakin banyak pula dosa yang harus ditanggung, dan itu akan terus menerus terjadi.

2. Tidak Menutup Aurat

Tidak Menutup Aurat
Images: freestock
Di era yang serba digital seperti sekarang kita banyak disuguhi konten-konten yang sama sekali tidak mendidik dan terkesan merusak. Salah satu contoh berita hoax dan konten yang sama sekali tidak ada manfaatnya. Lebih mirisnya lagi banyak orang yang sengaja mempertontonkan auratnya demi sebuah popularitas disosial media.

Padahal, yang namanya jejak digital sangat kejam dan bisa diakses kapanpun. Selama masih jadi tontonan, selama itu juga dosa akan terus mengalir.

3. Menjadi Teladan yang Buruk

Menjadi Teladan yang Buruk
Images: Daily
Sebagai sosok yang berpotensi diikuti banyak orang sudah sepantasnya untuk berperilaku baik, karena apapun yang dilakukan akan mudah diikuti karena dianggap contoh oleh pengikutnya. 

Dalam hal ini akan mendapat pahala jika berhasil menjadi Role Model yang bisa mengajak pada kebaikan, dan dosa jariyah jika yang diikuti justru keburukannya.

4. Menyebarkan Konten Ilegal

Menyebarkan Konten Ilegal
Images: Pixabay
Ikut berpartisipasi dalam menyebarkan berita ilegal akan menjeratmu kedalam kubangan dosa yang tiara akhir. Konten ilegal sendiri bisa merujuk pada konten yang melanggar hukum, seperti pornografi, perjudian, ujaran kebencian, hoax dan pencemaran nama baik.

Semoga kita tidak terjabak dengan perkembangan zaman yang semakin modern ini.

Post a Comment for "4 Contoh Dosa Jariyah Di Sosmed"