Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Self Healing Untuk Menghilangkan Stress Dalam Islam

4 Cara Self Healing Untuk Menghilangkan Stress Dalam Islam
Images: Pexels
Bagi kalangan melenial Kata Self  Healing tentu sudah tidak asing ditelinga, kata yang bersinggungan dengan penyembuhan luka batin ini sering menjadi topik pembahasan diera modern ini. Sebab sebagai era serba digital seperti sekarang yang namanya tekanan tidak hanya muncul didunia nyata tapi juga didunia maya. 

Sebenarnya setiap orang punya cara sendiri untuk melakukan Self Healing agar keadaan hatinya kembali membaik. Bisa dengan pergi jalan-jalan, belanja, curhat sama keluarga atau bahkan dengan cara merenung. 

Dalam islam ada cara khusus untuk Self Healing dan dijamin berhasil. Berikut diantaranya:

1. Shalat

Melaksanakan shalat adalah pilihan terbaik ketika hati sedang kacau dan tidak tau mau lari kemana, dalam sujud kamu bisa mengadukan semua yang menjadi beban berat. Dengan shalat pula kamu bisa manjalin kontak langsung dengan Rab yang bisa memberimu sejuta jalan keluar. 

InsyaAllah setelah shalat hati akan menjad tenang, dan pikiran akan kembali jernih dalam menyikapi kehidupan ini.

2. Berbagi dan Memberi

Meskipun diri sendiri masih dalam keadaan kacau dan berantakan, mungkin dengan berbagi pada orang lain akan sedikit memberi kelonggaran dalam hati. Memberi disini bukan berbagi kesedihan yang kamu rasakan, tapi memberi kebahagiaan untuk orang lain dengan caramu sendiri. 

Dengan berbagi kamu akan mendapatkan hiburan dan kebahagiaan yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya. 

3. Berdzikir

Salah satu bukti kemuliaan islam itu dengan diberikannya solusi pada setiap masalah yang ada, termasuk perihal menyembuhkan diri akibat luka batin yang cukup hebat. Berdzikirlah, usahakan hatimu larut dalam dzikir agar luka batin yang menderamu segera pulit.

4. Musahabah Diri

Terkadang, seseorang itu perlu waktu sendiri untuk menenangkan pikiran yang sedang bergejolak. Intropeksi dan merenungi lebih dalam lagi makna dari kehidupan ini. 

Untuk melakukan poin ini jauhilah dulu tempat keramaian dan cari tempat yang sunyi, hal ini bertujuan agar kamu lebih leluasa untuk mengevakuasi apa yang sebenarnya terjadi pada diri kita. 

Itulah cara Self  Healing yang baik menurut islam. Semoga berhasil.

Post a Comment for "4 Cara Self Healing Untuk Menghilangkan Stress Dalam Islam"