Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wajib, 5 Amalan Ibu Hamil Supaya Mudah Saat Melahirkan

Wajib, 5 Amalan Ibu Hamil Supaya Mudah Saat Melahirkan
Images: Pixabay
Kehamilan merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap perempuan yang sudah berumah tangga, rasa syukur dan bahagia sulit digambarkan ketika mengetahui ada kehidupan didalam rahim. 

Ketika memasuki masa kehamilan, dalam islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan. Hal ini bertujuan agar bayi yang ada dalam kandungan bisa tumbuh dengan baik, menjadi anak yang bisa dibanggakan. Berikut amalan untuk ibu hamil.

1. Bersyukur

Semua orang bisa menikah dan berpasang-pasangan, tapi tidak semua orang bisa mengandung. Sebab, yang namanya anak merupakan rezeki dan amanah yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Untuk itu, sudah sepantasnya kamu bersyukur karena akan hadir malaikat kecil dalam kehidupan rumah tanggamu.  

Dengan bersyukur artinya kamu sudah benar-benar siap untuk menjadi seorang ibu, dan siap menerima segala tanggung jawab yang sudah Allah amanahkan.

2. Banyak Mengingat Allah

Betapa besar peran Allah dalam mewujudkan impianmu untuk memiliki Anak, bahkan yang awalnya tidak mungkin bisa menjadi mungkin dengan kehendaknya. Dengan segala kebaikan dan kemurahan hati yang maha kuasa rasanya tidak tau diri kalau harus melupakan.

Perbanyak mengingat Allah dan berdoa agar janin yang ada dalam kandungan bisa tumbuh dengan baik. Aamiiin.

3. Shalat Wajib dan Perbanyak Shalat Sunah

Shalat merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar dengan apapun didunia ini, dan sebagai umat muslim harus taat, lebih-lebih untuk ibu hamil. Sebab sebagai calon ibu harus menjadi teladan yang baik untuk anaknya yang masih dalam kandungan. 

''ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat. Ya Tuhan kami perkenankanlah doaku.'' (QS. Ibrahim: 40)

4. Puasa Senin Kamis

Jika kebanyakan orang engan puasa saat hamil, justru dalam islam puasa senin kamis dianjurkan dalam islam. Hal ini bertujuan untuk melatih calon bayi sedari dalam kandungan. 

Nabi SAW bersabda: ''Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.'' (HR. Tirmidzi no. 747)

5. Perbanyak Membaca Al-quran

Selain membuat hati tenang, membaca Al-quran juga sangat baik untuk ibu hamil, apalagi diusia 26 minggu bayi dalam kandungan diperkirakan sudah bisa mendengar. 

Allah berfirman: ''Sesungguhnya orang-orang membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan.

Mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menanbah kepada mereka dari kerunianya. Sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha mensyukuri.'' (QS. Fathir:29-30).

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Wajib, 5 Amalan Ibu Hamil Supaya Mudah Saat Melahirkan"