Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Azab Allah Untuk Orang Riya Atau Pamer, Pedihnya

Azab Allah Untuk Orang Riya Atau Pamer, Pedihnya

Sifat riya sudah menjadi penyakit dan menjamur dikalangan hamba yang imannya masih setengah-setengah. Keinginan dan nafsu untuk terlihat lebih baik dari orang lain seolah dianggap sesuatu yang membanggakan yang wajib dilakukan. 

Apalagi diera serba digital seperti sekarang banyak kita jumpai orang riya, baik orang biasa atau para pesohor yang sengaja menunjukkan kebaikan yang ia lakukan agar terlihat jelas dimuka publik. Padahal, tidak ada kebaikan yang lebih diutamakan melainkan yang dilakukan secara diam-diam.

Tidak hanya itu, umat islam sudah diwanti-wanti untuk menjauhi sifat riya karena selain tidak bermanfaat, neraka jahanam sebagai azab yang dijanjikan. 

Nabi SAW bersabda: ''Sesungguhnya didalam neraka jahanam benar-benar terdapat sebuah lembah yang nereka Jahanam sendiri meminta perlindungan kepada Allah dari (Keganasan) lembah itu setiap harinya sebanyak empat ratus kali. Lembah itu disediakan bagi orang-orang yang riya (pamer) dari kalangan umat Muhammad yang hafal Kitabullah (Alquran) dan suka bersedekah, tetapi bukan karena Zat Allah, dan juga bagi orang yang berhaji ke Baitullah dan orang yang keluar berjihad  (tetapi bukan karena Allah SWT).'' 

Sejatinya kebaikan apapun yang kita lakukan biarlah menjadi rahasia antar diri sendiri dengan sang pencipta, biarkan Allah yang menilai baik buruknya kita. Karena sebaik apapun image yang kita bangun dimata manusia tetap penilaian Allah yang kita butuhkan. 

Post a Comment for "Azab Allah Untuk Orang Riya Atau Pamer, Pedihnya"