Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kewajiban Menantu Perempuan Terhadap Mertua

5 Kewajiban Menantu Perempuan Terhadap Mertua
Images: Pexels
Ketika memutuskan menikah kita dituntut untuk menyayangi pasangan berikut orang tuanya, bahkan sekalipun ada perbedaan yang namanya menantu harus tetap akur dengan mertua, menyayangi dan merawatnya seperti orang tua sendiri.

Sangat miris jika melihat hubungan menantu dan mertua yang seolah ada jarak, menganggap mertua beban dan hanya sanggup menyayangi pasangan saja tanpa memperdulikan nasib orang tuanya. Padahal ada beberapa kewajiban menantu terhadap mertua yang harus ditunaikan, berikut diantaranya:

1. Anggap Orang Tua Sendiri

Berani mencintai anak orang tentu harus berani menyayangi orang tuanya juga, karena sebesar apapun seorang laki-laki dia tetap anak ibunya sampai kapanpun. Jadi, tugasmu sebagai istri harus menyayangi dia sebagai mana kamu menyayangi orang tua sendiri.

2. Memberikan Nafkah Bila Ada

Melihat mertua yang kekurangan jangan lupa untuk menyisihkan hartamu untuk memberi mereka bantuan. Bantulah semampumu, dengan catatan kamu sendiri tidak mengorbankan keluarga kecil sendiri. 

Kenapa harus dibantu? karena sempai kapanpu mereka masih menjadi tanggungan anak yang sekarang kamu jadikan suami. InsyaAllah itu tidak akan mengurangi rezekimu.

3. Menjaga Silaturahmi

Demi menghindari kemungkinan buruk yang akan terjadi kebanyakan pasangan yang sudah menikah memilih tinggal terpisah dengan orang tua. Ngontrak atau tinggal dirumah yang sebelumnya dipersiapkan menjadi pilihan paling tepat. 

Namun sejauh apapun kamu tinggal terpisah jangan putuskan tali silaturahmi, kunjungilah mereka disaat kamu memiliki waktu luang yang cukup. 

4. Bertutur Kata yang Sopan

Turunkan suaramu ketika sedang berbicara dengan mertua, sebab bagaimanapun kacau moodmu saat ini harus tetap menjaga yang namanya sopan santun. Selain sopan, tunjukan ekspresi ceria seolah kamu senang ketika berintraksi dengannya.

5. Merawatnya Dengan Baik

Merawat orang tua diusia senja sudah menjadi kewajiban anak-anaknya, dan tentu kamu sebagai menantu juga punya peran besar dalam merawat orang tua pasangan. Rawat mereka dengan rasa tulus dan ikhlas, insyaAllah kelak anak-anakmu akan berperilaku sabagaimana kamu memperlakukan mertuamu saat ini.

Post a Comment for "5 Kewajiban Menantu Perempuan Terhadap Mertua"