Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Ampuh Menghadapi Ipar yang Menyebalkan

5 Cara Ampuh Menghadapi Ipar yang Menyebalkan
Images: Pixabay
Salah satu ujian dalam rumah tangga itu ketika keluarga pasangan ada yang tidak menyukai, bukan hanya tidak suka bahkan mereka tega melakukan hal-hal keji seperti memusuhi dan berusaha menjauhkanmu dari pasangan, salah satunya adalah ipar. Meskipun termasuk dalam daftar keluarga dekat, tidak jarang ipar menjadi bola api yang akan membakar segalanya. 

Menyikapi ipar yang tidak suka denganmu memang cukup pelik, karena bagaimanapun dia tetap saudara pasangan yang harus diperlakukan dengan baik. Namun kalau sudah melebihi batas wajar kalau kamu mengambil tindakan tegas dengan melakukan tips berikut ini.

1. Tanyakan Baik-baik

Pernah diposisi ipar tiba-tiba gak suka tanpa tau alasannya? hal ini memang cukup sering terjadi, dimana ipar bersikap seolah-olah kamu punya salah padahal kamu sendiri tidak merasa melakukannya. Coba ajak bicara dan bangun komunikasi yang akrab, tanyakan apa yang membuatnya tidak nyaman serta tanyakan apa maunya. 

2. Buat Batasan

Bukan memusuhi, tapi seakrab apapun harus membuat jarak dengan ipar, usahakan dia sudah tau batasan mana yang tidak boleh dia ikut campur. Hal ini bertujuan untuk menjaga privasimu sebagai bagian dari keluarga besarnya. 

Selain itu, jangan coba menghindar ketika ada pertemuan keluarga hanya karena tidak mau bertemu ipar, sebab ini hanya akan semakin memperburuk keadaan. 

3. Jangan Banyak Curhat Masalah Pribadi

Sebaik apapun kamu mengenal seseorang jangan coba-coba untuk curhat masalah yang terlalu pribadi, karena kita tidak pernah tau kedalaman hati seseorang, begitu juga dengan ipar. Curhatlah sesuatu yang sekiranya tidak terlalu bahaya kalaupun dia menyebarkannya kepada orang lain.

4. Bicarakan Dengan Pasangan 

Walau bangaimanapun ipar adalah saudara pasanganmu, jadi bicarakan apa yang menjadi masalah antara kamu dengan ipar, minta solusi terbaik apa yang mesti kamu lakukan dalam menghadapinya. Kalaupun nanti pasanganmu lebih membela saudaranya kamu tidak usah tersinggung, tetap tenang dan cari jalan tengah yang sekiranya tidak ada yang dirugikan.

5. Bersikap Sebaik Mungkin

Ketika kumpul dengan keluarga pasangan tetaplah berusaha untuk berbaur dengan mereka, sekalipun kebiasaan yang mereka lakukan kurang kamu sukai. Ingat, kamu tidak boleh lancang dan menuntut mereka untuk selalu mengerti kamu. Tetap bersikap biasa dan tidak lebay, perkara mereka menerima atau tidak ketulusan yang kamu tampilkan itu urusan mereka.



Post a Comment for "5 Cara Ampuh Menghadapi Ipar yang Menyebalkan"