Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ada Surga Di Rumahmu, 5 Janji Allah Untuk Anak yang Berbakti

Ada Surga Di Rumahmu, 5 Janji Allah Untuk Anak yang Berbakti
Images: Pixabay
Dapat balasan atau tidak sejatinya sudah menjadi kewajiban anak untuk berbakti kepada orang tuanya, karena pengorbanan yang mereka berikan tidak terhitung banyaknya. Namun, dengan kemurahan hatinya Allah menjanjikan balasan istimewa bagi hamba yang berbakti dan memperlakukan orang tua sebagai mana mestinya.

Berikut ini balasan yang Allah janjikan bagi anak yang berbakti kepada orang tua yang bisa memotivasimu agar lebih ikhlas dan tabah mengabdi pada orang tua.

1. Jaminan Masuk Surga

Berbahagialah bagi seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya, sebab Allah sudah menyiapkan tempat di surga sebagai balasan atas ketulusannya dalam mencucuri orang tuamu dengan kasih sayang. 

Nabi SAW bersabda: ''Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu, atau kalian bisa menjaganya.'' (HR. Ahmad, hasan).

2. Dapat Pahala Berjihad

Tanpa harus mengangkat pedang anak yang berbakti akan mendapatkan pahala layaknya orang yang berjihad dijalan Allah. Ini merupakan bukti betapa Allah muliakan anak yang berbakti. 

''Ada seseorang yang mendatangi Nabi SAW, dia ingin meminta izin untuk berjihad. Nabi SAW lantas bertanya, 'Apakah kedua orang tuamu masih hidup?' Ia menjawab. 'Iya masih.' Nabi SAW-pun bersabda, 'Berjihadlah dengan berbakti kepada keduanya.'' (HR Muslim).

3. Akan Berbalik Pada Diri Sendiri

Seperti peribahasa ''Siapa yang menanam dialah yang menuai hasilnya'' begitupun dengan berbakti kepada orang tua. Ketika kamu berbakti sama kedua orang tua dengan penuh rasa tulus dan ikhlas, maka kelak anakmu akan melakukan hal serupa. Sebab, anak adalah cerminan daripada orang tuanya. Sedikit banyaknya sifat orang tua pasti akan menurun pada anaknya. 

''Diriwayatkan dari jabir bin Abdillah, ia berkata, Rasulullah Bersabda, Berbaktilah kalian kepada ayah ibu kalian, niscaya anak-anak kalian akan berbakti kepada kalian. Periharalah kesucian diri kalian dari mengganggu istri orang, niscaya istri-istri kalian akan menjaga dan memelihara kesucian diri mereka.'' (Al Mustadrak Lil Hakim No. 7259).

4. Doa Mustajab

Memiliki anak yang berbakti dan punya akhlak yang baik merupakan kebanggaan tidak terkira bagi orang tua. Karena mereka merasa sudah berhasil mendidik anaknya dengan baik serta diatas ajaran yang benar. Selain itu, orang tua tidak akan berhenti mendoakan kebaikan untuk anaknya.

Nabi SAW bersabda: ''Ada tiga doa yang mustajab, tidak ada keraguan akan hal itu; doa orang yang terzalimi, doa musafir, dan doa orang tua untuk (kebaikan)anaknya''. (HR. Ibnu Majah).

5. Panjang Umur dan Di mudahkan Rezekinya

Tidak akan kekurangan siapapun yang berbakti kepada kedua orang tuanya, sebab Allah akan memudahkan jalannya dalam mengais rezeki. Tidak hanya itu saja, keberkahan umur senantiasa didapatkan oleh mereka. 

''Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rizkinya, maka hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung silaturahim (kekerabatan).'' (HR. Ahmad).

Semoga kita termasuk anak yang berbakti dan senantiasa mendapatkan keberkahan dan ridha orang tua.

Post a Comment for "Ada Surga Di Rumahmu, 5 Janji Allah Untuk Anak yang Berbakti"