Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Efektif Berdamai Dengan Diri Sendiri, Yakin Pasti Bisa

5 Cara Efektif Berdamai Dengan Diri Sendiri, Menerima Cacat Diri Sendiri
Images: Pixabay
Setiap manusia sudah Tuhan gariskan dengan jalannya masing-masing, porsi yang Tuhan berikan sudah cukup adil bagi setiap hambanya. Sebab, setiap mahluk yang bergelar hamba terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Namun dengan semua keadilan itu masih saja ada orang yang merasa tidak diperlakukan dengan adil karena menganggap beda dari yang lain, semacam tidak bisa berdamai dengan keadaannya saat ini. Sulitnya hati untuk menerima dengan ikhlas, biasanya karena kamu terlalu fokus dengan kelebihan orang lain dan kekurangan diri sendiri. Padahal kalau memandang lebih bijak lagi kamu akan menyadari bahwa mereka yang kamu anggap sempurna juga punya kekurangan, dan kamu juga punya kelebihan. 

Untukmu yang sampai saat ini belum bisa berdamai dengan keterbatasan dalam diri. Berikut tips yang bisa kamu coba.  

1. Percayalah Tidak Ada Manusia Sempurna

Sebagaimanapun kamu menyesali segala kekurangan yang ada jangan sampai lupa bahwa segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang sempurna, yang kamu lihat indah belum tentu benar-benar tidak ada cacat sama sekali. Terkadang, mereka saja yang terlalu pandai menipu keadaan sehingga semua tampak baik-baik saja. 

2. Jangan Banding-bandingkan 

Rasa sakit dan sesal terhadap kekurangan biasanya muncul ketika mulai membandingkan dengan kehidupan orang lain yang kamu anggap lebih sempurna, terlalu fokus menghitung nikmat yang orang lain dapat sehingga ketidak adilan itu semakin merong-rong kesadaran diri. 

Ingat, setiap insan didunia ini terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Orang lain mampu melakukan hal hebat, kamu juga bisa melakukannya dengan versi kamu sendiri. Jadi stop membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain.

3. Jauhi Lingkungan yang Toxic

Lingkungan juga sangat berpengaruh bagi kesehatan mental seseorang, lebih-lebih bagi orang sedang berperang melawan keadaan diri sendiri sangat butuh lingkungan yang mendukung dan selalu memberi suport. 

Jauhilah lingkungan yang toxic agar kamu bisa berdamai dengan diri sendiri, sebab lingkungan yang demikian itu hanya akan menambah beban karena kekurangan kita akan menjadi bahan ejekan, dan ini tentu akan menambah beban dalam diri.

4. Fokus Pada Kelebihan

Sebanyak apapun kekurangan dalam diri kamu, pasti ada sedikit kelebihan yang bisa kamu jadikan motivasi untuk bangkit dari keterpurukan. Fokuslah pada kelebihan yang ada, dengan demikian kamu bisa terus menggali terus potensi yang selama ini belum terlihat karena kamu terlalu banyak mengeluh tentang kekurangan.

5. Jangan Dengerin Komen Negatif

Kita tidak bisa membungkam semua mulut hanya dengan kedua tangan, abaikan saja jika ada omongan yang menyakiti hati. Sebab hidup itu pilihan, apa yang menjadi beban dalam hati sebaiknya ditinggalkan. Begitupun dengan komentar miring orang lain terhadap kita sebaiknya tidak usah di dengar. 

Itulah cara paling efektif agar bisa menerima segala keterbatasan dalam diri. 

Post a Comment for "5 Cara Efektif Berdamai Dengan Diri Sendiri, Yakin Pasti Bisa"