Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Persiapan Penting Sebelum Menikah Untuk Laki-laki Agar Tidak Menyesal

6 Persiapan Penting Sebelum Menikah Untuk Laki-laki Agar Tidak Menyesal
Images: Pixabay
Menikah jangan hanya melihat duduk dipelaminan berdua bagaikan ratu dan raja, ditonton banyak orang dengan penuh rasa kagum. Menikah jangan hanya memikirkan resepsi mewah, tapi banyak hal lain yang jauh lebih penting yang mesti dipersiapkan, lebih-lebih bagi laki-laki. dimana laki-laki nantinya akan menjadi kepala rumah tangga yang tentunya tanggung jawabnya juga tidak sedikit.

Jadi sebelum memutuskan menikah pertimbangkan dulu beberapa hal berikut ini agar tidak menyesal nantinya:

1. Persiapan Mental

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan menikah ialah mental dalam hatimu, pastikan dulu bahwa kamu benar-benar yakin dengan keputusan yang kamu ambil. Sebab, menikah tidak melulu soal yang indah-indah, banyak masalah yang siap menunggumu lebih-lebih awal pernikahan. dan segala sebab dan akibat kamu bersama pasanganlah yang harus menyelesaikannya. 

2. Finansial

Setelah mental sudah siap, sekarang giliran kamu mempertimbangkan soal keuanganmu. Karena hidup gak perlu munafik, semua pasti butuh uang, kalaupun menikah secara sederhana tanpa banyak pengeluaran, kehidupan rumah tanggamu nanti juga harus difikirkan sebelum menikah. 

Mengaca dari berbagai kasus yang sering terjadi, pertengkaran dan perceraikan itu banyak terjadi karena masalah ekonomi yang belum stabil. 

3. Ridho Orang Tua

Jika semua dalam diri sudah dipersiapkan dengan matang, sekarang tinggal meminta restu pada orang tua. Usahakan orang tuamu sudah mengenal calonmu dengan baik, kalaupun sulit beradaptasi kamu sebagai calon suami berusahan menjaga agar hubungan antara mertua dan menantu akan terus membaik. Begitupun dengan kamu harus mengenal baik orang tua calon. 

Kenapa mesti kenal baik? karena baik orang tuamu dan orang tua calon istri nantinya akan menjadi keluarga besar. Jadi untuk meminimalisir terjadinya konflik usahakan agar semua berjalan berdampingan.

4. Penentuan Jadwal Pernikahan

Perihal tanggal pernikahan biasanya dirundingkan antar kedua keluarga, kesepakatan dalam menentukan tanggal yang baik untuk mengikat muda mudi dalam janji suci pernikahan. 

Perlu diingat, menentukan hari H jangan sampai mepet agar segala sesuatunya bisa berjalan sesuai dengan rencana. Rentang waktu yang cukup akan membuat calon pengantin mampu mewujudkan hal-hal yang mereka inginkan dalam pernikahan impiannya.

5. Siap Hidup Mandiri

Jika selama ini cuma bisa bergantung sama orang tua, usahakan setelah menikah untuk belajar mendiri. Sebab, bagaimanapun kamu dengan pasangan tidak boleh selalu bergantung dibalik bayang-bayang orang tua, karena nantinya kamu akan memiliki anak dan menjadi orang tua.

Mandiri disini bukan berarti harus putus hubungan dengan orang tua, tapi lebih kepada berani berdiri dikaki sendiri dan berani mengambil keputusan serta menunggung akibatnya sendiri. 

6. Mendidik Istri

Meskipun secara gelar pendidikan kamu dibawah istri, suami tetaplah kepala rumah tangga yang berhak mengambil keputusan, yang tentunya dengan melibatkan pasangan. Mendidik dan mengingatkan istri adalah tugas mutlak suami, sebab wanita kalau sudah menikah orang tuanya tidak berhak lagi ikut campur urusan anaknya termasuk dalam hal mendidik. 

Jika kurang pandai tolong diajari, jika lalai dikasih tau, jika salah jangan dihakimi. Jadilah suami yang bisa dibanggakan dan ayah yang pantas dikatakan hebat oleh anaknya. 

Itulah hal-hal yang harus laki-laki persiapkan sebelum menikah. 

Post a Comment for "6 Persiapan Penting Sebelum Menikah Untuk Laki-laki Agar Tidak Menyesal"