Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Tercatat Dalam Al Quran

6 Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Tercatat Dalam Al Quran
Images: Pixabay
Salah satu momen yang paling ditunggu saat bulan Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar, malam yang mempunyai keistimewaan jauh lebih baik dari seribu bulan. Bisa dibayangkan betapa banyaknya pahala yang kita dapatkan jika meningkatkan ibadah kita pada malam tersebut.

Untuk hamba yang berhasil mendapatkan malam Lailatul Qadar tidak hanya diberi pahala melimpah, tapi masih banyak lagi keutamaan yang lain. Berikut diantaranya:

1. Malam Penuh Berkah

Dalam berbagai hadist sudah banyak di jelaskan betapa istimewanya Malam Lailatur Qadar, semua mahluk bersuka cita dalam menanti hadirnya malam mulia ini. 

''Sesungguhnya kami menurunkan pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan.'' (QS. Ad-Dukhan:3)

2. Pahala Melimpah

Di bulan Ramadahan umat muslim dianjurkan untuk melakukan banyak amal kebaikan, sebab di bulan ini Allah tidak segan-segan memberi pahala melimpah bagi siapa saja yang beramal shaleh, lebih-lebih saat malam Lailatul Qadar. Dimana di malam tersebut segala pahala akan di lipat gandakan jauh lebih banyak dari malam biasanya. 

3. Diampuni Dosanya Dimasa Lalu

yang namanya manusia tidak akan luput dari yang namanya dosa dan kesalahan, dan sebaik-baiknya pendosa dia yang dalam hatinya masih ada niat untuk berbenah diri dengan memohon ampun pada Allah. Meminta ampun bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun hidayah masuk dalam hati, dan salah satu saat terbaik untuk meminta ampun adalah tepat saat malam Lailatul Qadar.

''Barang siapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan termpuni.'' (HR. Bukhari)

4. Turunnya Malaikat

Tepat malam Lailatur Qadar malaikat akan turun kebumi untuk mengaminkan doa-doa umat islam yang dipanjatkan dimalam mulia itu. 

''Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat jibril dengan izin Tuhanya untuk mengatur segala urusan.'' (QS AL-Qadr ayat 4)

5. Lebih Baik Dari Seribu Bulan

Karena merupakan malam terpenting di bulan Ramadhan maka tidak heran jika Lailatul Qadar disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Hal itu juga dibenarkan oleh berbagai ulama, dan barangsiapa yang melakukan kebaikan di malam tersebut pahalanya setara dengan melakukan amalan seribu bulan.

6. Pencatatan Takdir Dalam Setahun

Dimalam Lailatur Qadar akan dilakukan penulisan takdir selama setahun bagi semua hamba dimuka bumi ini, termasuk ajal dan rezeki. Tentu takdir yang dicacat ini sebelumnya sudah didahului oleh penulisan Allah. 

Itulah beberapa keistimewaan malam Lailatur Qadar. Semoga kita termasuk dalam golongan hamba yang beruntung bisa mendapatkan malam mulia yang satu ini.

Post a Comment for "6 Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Tercatat Dalam Al Quran"