Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Keistimewaan Bulan Ramadhan, Tercatat Dalam Alquran

6 Keistimewaan Bulan Ramadhan, Tercatat Dalam Alquran
Images: Pixabay
Telah sampai kita pada bukan suci Ramadhan, bulan yang paling dinantikan oleh seluruh umat islam. Bulan yang menjadi cahaya dari gelapnya dosa dilakukan sepanjang tahun. Dibulan Ramadhan umat islam tidak hanya dianjurkan untuk puasa dan menahan lapar, tapi lebih daripada itu. Jaga mata, jaga hati, dan jaga diri dari setiap perbuatan yang mengundang dosa. 

Membahas bulan Ramadhan, terdapat beberapa keutamaan dan manfaat bagi siapa saja yang menjalaninya dengan baik. Berikut diantaranya: 

1. Dilipat Gandakan Amalan

Jika bulan biasa ibadah kita dihitung sesuai dengan apa yang kita kerjakan, maka dibulan ramadhan amalan kita Allah lipat gandakan. Ini merupakan bukti betapa Allah sangat mengistimewan kehadiran bulan ramadhan sebagai bulan mulia.

Tidak hanya itu saja, ibadah sunah dibulan ramadhan akan diganjar sama seperti melakukan ibadah wajib dan berlipat ganda. 

2. Setan-setan Dibelenggu

Setan adalah mahluk ciptaaan Allah yang dikenal suka mengganggu manusia dalam melakukan kebaikan. Segala daya dan upaya dilakukan agar manusia mengingkari akan keberadaan Tuhanya. Ini merupakan ujian tersendiri bagi setiap hamba yang ingin melaksanakan ibadah.

Namun, khusus bulan suci Ramadhan Allah sengaja melindungi kita agar fokus melakukan ibadah. Setan-setan yang biasanya mengganggu Allah belenggu agar tidak mengganggu usaha kita untuk menumpuk amal dibulan Ramadhan.

3. Bulan Pengampunan

Menjalani hidup sepanjang tahun yang namanya manusia sudah pasti tidak akan luput dari yang namanya dosa dan kesalahan, dan sebaik-baiknya pendosa dia yang mau memperbaikinya dengan cara bertaubat dan mohon ampun kepada Allah.

Sebenarnya memohon ampun bisa dilakukan kapanpun hidayah menghampiri hatimu, cuma dibulan Ramadhan Allah menjamin pengampunan bagi hamba yang benar-benar ingin berbenah.

4. Neraka Ditutup dan Pintu Surga Dibuka

Demi mengistimewakan orang yang melaksanakan puasa Ramadhan, Allah menutup pintu neraka dan membuka pintu surga selebar-lebarnya. Dalam artian Allah menjadikan amalan yang dilakukan manusia akan membawanya menuju surga, dan melindungi dari segala perbuatan yang bisa mengantarkannya masuk neraka.

''Ketika masuk bulan Ramadhan, maka syaitan-syaitan akan dibelenggu, pintu-pintu surga dibukan, dan pintu-pintu nereka ditutup.'' (H.R. Bukhari dan Muslim)

5. Doa Mudah Mustajab

Ketika memiliki sebuah permintaan, sebagai muslim yang baik kita dianjurkan untuk meminta dengan cara beriktiar dan berdoa kepada Allah. Memang tidak semua doa mudah melangit dan langsung dijabah oleh Allah, perlu waktu serta proses yang tidak mudah.

Namun, dalam islam sudah dijelaskan bahwa ada waktu-waktu yang baik untuk berdoa agar mustajab, yang salah satunya adalah bulan Ramadhan.

6. Ada Malam Lailatul Qadar

Dibulan Ramadhan terdapat salah satu malam yang sangat baik, bahkan saking dahsyatnya sampai disebut sebagai malam terbaik dan lebih baik dari seribu bulan. 

''Sesungguhnya kami menurunkan Al-qur'an pada malam lailatul qadar, tahukan engkau apakah malam lailatul qadar itu? Malam lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan. pada malam itu turunlah malaikat-malaikat dan jibril dengan izin Allah Tuhan mereka (untuk membawa) segala urusan selamat malam itu hingga terbit fajar.'' (Surah Al Qadr ayat 1-5.)

Itulah beberapa keuatamaan malam Lai Latul Qadar. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung.

Post a Comment for "6 Keistimewaan Bulan Ramadhan, Tercatat Dalam Alquran"