Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tanda Allah Mencintai Hambanya

5 Tanda Allah Mencintai Hambanya
Images: Pixabay
Dalam hidup ini banyak hal yang kadang tidak kita mengerti bahkan terasa sulit untuk diterima dengan rasa ikhlas karena saking rahasianya rencana Allah. Namun, sebagai hamba Allah yang baik kita harus selalu bersangka baik akan setiap ketentuan dalam hidup ini.

Sebab, bisa saja sesuatu yang kita anggap tragedi justru merupakan bahasa rindu dari Allah yang tidak kita pahami. karena seperti yang kita ketahui cara Allah dalam mencintai hambanya sangat berbeda dengan cara mahluknya dalam memberi cinta. Berikut ini tanda-tanda Allah mencintai hambanya.

1. Terjaga Dari Kehidupan Dunia

Tanda seorang hamba yang dicintai oleh Rab-nya adalah dengan dijaganya ia dari perbuatan yang sekiranya bisa merugikan dirinya sendiri. Bahkan Allah membentengi mereka dengan ketenangan dan ketentraman hati agar tidak terjerumus dalam kemaksiatan.

''Sesungguhnya Allah akan menjaga hambanya yang beriman dan dia mencintainya seperti kelian, menjaga makanan dan minuman orang sakit (diantara) kalian, karena kalian takut pada (kematian)nya.'' (HR. Al Hakim, Ibnu Abi' Ashim dan Al Baihaqi)

2. Memberi Cobaan

Cara Allah mencintai hambanya memang dengan caranya sendiri, semakin Allah cinta semakin ujian datang bertubi-tubi. Bahkan saat diri merasa tidak mampu tetap Allah tambah ujiannya, karena memang cuma ia yang tau mana yang terbaik untuk hambanya.

Surah Al-anbiya:35 ''Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati, Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada kamilah kamu kembalikan.''

3. Adanya Kelembutan

Orang yang memiliki hati yang lembut merupakan anugerah terindah dari Allah, karena cuma orang-orang yang punya keistimewaan disisi Allah yang memilikinya.

''Jika Allah menginginkan kebaikan penghuni rumah, maka dia memasukkan kelembutan.'' (HR. Imam Ahmad, Al Hakim dan At Tarmidzi)

4. Diberi Kesabaran

Tanda orang yang dikasihi Allah, dia yang punya tingkat kesabaran yang kuat. Orang melihatnya sangat kuat meski pada kenyataannya dia sangat rapuh ketika dihadapan Tuhanya. Ini merupakan bukti betapa Allah menjaganya dari keputus asaan.

''Dan orang-orang yang sabar kerena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik.).'' (QS. Ar Ra'd: 2)

5. Rezeki yang Cukup

Setiap yang bernyawa sudah Allah jamin rezekinya masing-masing, lebih-lebih hamba yang punya tempat tersendiri disisi Allah pasti akan dicukupkan segala yang ia butuhkan. 

''Dan sesungguhnya telah kami muliakan anak cucu adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rizky yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan mahluk-mahluk yang telah kami ciptakan.'' (QS. Al-Isra': 70).

Itulah beberapa tanda bahwa Allah sedang mencintaimu, jadi berusahalah untuk selalu bersangka baik apapun yang terjadi dalam hidupmu.

Post a Comment for "5 Tanda Allah Mencintai Hambanya"