Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Manfaat Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Sesuai Hadits Nabi

6 Manfaat Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Sesuai Hadits Nabi
Images: Pixabay
Shalat 5 waktu adalah sebuah kewajiban yang harus ditunaikan oleh orang yang beragama islam, tidak ada alasan yang cukup kuat untuk tidak melaksanakan shalat. Selama nafas masih berhembus kita tetap diwajibkan untuk melakukan aktivitas yang satu ini.

Diantara shalat 5 waktu, shalat subuh memiliki keistimewaan tersendiri. Dimana waktu tersebut merupakan saat-saat terberat bagi orang yang imannya masih amatiran sekaligus orang munafik.

Membahas soal shalat subuh, berikut ini manfaat dan keutamaan shalat subuh yang tidak boleh dilewatkan oleh umat islam.

1. Penghalang Api Neraka

Tidak ada tempat lain bagi para pendosa yang tidak mau bertaubat selain dalam neraka, dan itu sudah hukum mutlak yang tidak bisa ditawar ketika sudah terlambat. Itulah kenapa sebagai umat islam dianjurkan sebisa mungkin untuk mengumpulkan amalan agar terhindar dari api neraka, dan salah satu amalannya adalah shalat subuh tepat waktu.

Nabi SAW bersabda: ''Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (shalat subuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (shalat asar).'' (HR. Muslim no. 634)

2. Mendatangkan Keberkahan

Banyak cara yang bisa umat islam lakukan untuk mendapatkan keberkahan dalam segala hal, termasuk shalat subuh tepat waktu. Bahkan saking istimewanya waktu yang satu ini Nabi SAW mendoakan orang yang shalat subuh tepat waktu.

''Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.'' (HR. Abu Dawut, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

3. Perantara Masuk Surga

Surga Allah disediakan untuk orang yang beriman, dan siapapun bisa punya peluang untuk menjadi salah satu penghuninya. Termasuk orang yang rajin shalat subuh berjamaah juga Allah janjikan rumah disurga, Seperti Sabda Nabi SAW.

''Barangsiapa yang mengerjakan salat bardain (yaitu shalat subuh dan Asar) maka dia akan masuk surga.'' (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

4. Berada Dalam Jaminan Allah 

Sungguh sebuah keberuntungan bagi siapa saja hamba yang rajin shalat subuh tepat waktu, sebab Allah sendiri yang memberi mereka jaminan baik di dunia maupun di akhirat. Masya Allah.

Nabi SAW bersabda: ''Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahanam.'' (HR. Muslim no. 163)

5. Cahaya Pada Hari Kiamat

Dihari pembangkitan semua insan akan Allah bangunkan dengan berbagai bentuk dan rupa. Dimana wajah mereka merupakan gambaran perilaku mereka selama didunia, dan terdapat sebuah golongan yang mendapatkan cahaya sempurna pada hari kiamat, merekalah orang-orang yang rajin shalat subuh berjamaah.

Nabi SAW bersabda: ''Sampaikan berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.' (HR. Abu Dawud dan Tirdzi)

6. Terhindar Dari Sifat Munafik

Sifat munafik adalah sifat yang paling Allah benci, dan dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa tidak ada tempat terbaik bagi orang menafik selain disiksa dalam api neraka paling bawah. Itulah kenapa umat islam diwanti-wanti untuk menghindari sifat tercela yang satu ini.

Salah satu amalan yang wajib dilakukan agar terhindar dari sifat munafik adalah shalat subuh tepat waktu. Seperti yang tertulis dalam sebuah hadist.

''Tidak ada shalat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukanya kendati merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqmat (Shakat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang tidak keluar melaksanakan shalat (Di masjid).'' (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah)

Itulah berapa manfaat dan keutamaan orang yang shalat subuh tepat waktu. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung.

Post a Comment for "6 Manfaat Shalat Subuh Berjamaah di Masjid Sesuai Hadits Nabi"