Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Gaya Selfie yang Dilarang Dalam Islam, Jadi Dosa Jariyah

5 Gaya Selfie yang Dilarang Dalam Islam, Jadi Dosa Jariyah
Images: Katadata
Di era yang serba digital ini banyak orang yang seolah tidak bisa dipisahkan dari yang namanya media sosial. Hampir segala aktivitas dilakukan lewat sosial, mulai dari hubungin teman, Ldr, belanja, bahkan ghibahin orang bisa dilakukan dimesia sosial. 

Namun, meski semua serba mudah dengan adanya sosial media, jangan sampai kebablasan dengan melakukan hal-hal bisa mendatangkan kerugian untuk diri sendiri, lebih-lebih untuk kaum wanita. Dimana kebanyak wanita suka sekali memposting sesuatu sosial media, baik saat jalan-jalan, lagi makan, sampai hal yang seharusnya tidak jadi konsumsi publik tidak luput pula kesebar. 

Sebenarnya dalam islam ada adab dan hal yang tidak boleh dilakukan di sosial media. Berikut diantaranya:

1. Menimbulkan Sifat Riya'

Riya' adalah sifat yang sangat dilarang dalam islam, karena orang riya' melakukan sesuatu bukan semata-mata karena Allah, melainkan ingin dipuji oleh orang lain dan ingin menunjukkan bahwa kamu sedang melakukan kebaikan. 

Di era seba online seperti sekarang sifat riya' seringkali ditampilkan disosial media, dimana semua kebaikan yang dilakukan diposting dengan alasan orang lain harus tau kebaikan apa yang tengah dilakukan, dan serajin apa ibadahnya. Padahal, ibadah yang seharusnya jadi pahala berubah jadi dosa karena sifat riya'.

2. Mengundang Syahwat Lawan Jenis

Hati-hati dalam memposting sesuatu di sosial media, jangan sampai sesuatu yang seharusnya cuma niat hiburan berubah menjadi dosa, lebih-lebih kaum perempuan. Dimana diakhir zaman ini kaum perempuan gemar foto selfie dengan gaya yang menarik, bahkan cenderung mengundang syahwat lawan jenis. 

Dalam hal ini sebagai muslimah harus waspada, karena yang namanya jejak digital akan terus ada sampai kapanpun. Selama masih bisa diakses dan dilihat oleh orang lain dosamu akan terus mengalir sekalipun kamu sudah menyesalinya. 

3. Menimbulkan Sifat Ujub

Percaya diri memang perlu, tapi rasa kagum yang berlebihan terhadap diri sendiri juga bukan hal baik. Bahkan sifat yang satu ini sangat dilarang dalam islam, lebih-lebih sifat ujub yang sengaja dipamerkan lewat akun sosial media, seperti foto selfi misalnya. Dimana mereka melakukan pose dengan angel terbaik demi menunjukan kesempurnaan pada orang lain.

4. Bertentangan Dengan Ajaran Allah

Islam tidak melarang siapapun untuk melakukan kesenangan yang mereka mau, selagi masih dalam kapasitas wajar dan tidak bertentangan dengan Allah. 

Tidak dipungkiri di zaman sekarang banyak wanita secara terang-terangan bersolek dengan tujuan agar menjadi pusat perhatian khalayak ramai. Padahal niat yang demikian itu hanya akan mengundang murka Allah.

Allah berfirman: ''Dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku layaknya orang-orang Jahilliyah seperti dahulu.'' (QS. 33: 33)

5. Menimbulkan Sifat Takabur

Hati-hati dalam memposting sesuatu di sosial media, jangan sampai foto yang seharus menjadi koleksi semata, berubah menjadi sifat sombong (Takabur). 

Tanda diri sudah mulai takabur bisa terlihat dengan jelas, dimana ketika melihat foto diri sendiri merasa paling cantik/tampan bahkan cenderung membandingkan dengan paras orang lain.

Itulah beberapa alasan kenapa kita sebagai umat islam harus hati-hati dalam memposting sesuatu disosial media.

Post a Comment for "5 Gaya Selfie yang Dilarang Dalam Islam, Jadi Dosa Jariyah"